Rancangan dasar genre pada film pendek horor singsot karya ravacana

  • Mahardika Indrapuspita universities Dr.Soetomo
  • Redi Panuju
Abstract views: 457 , pdf downloads: 482
Keywords: konvensi, genre, film pendek, horor

Abstract

Penelitian ini akan menganalisis karakteristik rancangan dasar genre film horor pendek Indonesia yang berjudul “Singsot”. Penelitian ini dianggap penting karena film pendek juga merupakan wahana produktif bagi para anak sekolah, mahasiswa pada bidang perfilman maupun penyiaran, dan sineas pemula ataupun juga sineas yang profesional dalam menciptakan kreasi berupa film. Didalam sinema, genre boleh diinterpretasikan seperti bentuk atau penggolongan sekelompok film yang mempunyai karakteristik atau tanda yang serupa (khas), sebagaimana latar, kandungan (isi) dan subjek, tema, format cerita, tindakan atau peristiwa, durasi waktu, gaya, situasi, ikon, suasana hati dan karakter Klasifikasi ini menghasilkan genre populer, seperti aksi, petualangan, drama, komedi, horor barat, thriller, film noir, roman, dan sebagainya.

 

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif untuk memahami adanya karakteristik dalam genre film horor melalui rancangan dasar genre yakni Repertoire of Elements antara lain narasi, karakter, setting, ikonografi dan gaya (style). Metode yang digunakan yakni deskriptif untuk menguraikan seluruh pembahasan. Pembahasan dalam penelitian menggunakan konvensi-konvensi genre yang ada pada sebuah film khususnya pada film genre horor. Penelitian ini menunjukkan bahwa genre horor memiliki genre primer, yakni genre Horor, Drama dan Aksi. Sedangkan pada genre sekunder pada film ini, yaitu supernatural.

Published
2022-07-31
How to Cite
Indrapuspita, M., & Panuju, R. (2022). Rancangan dasar genre pada film pendek horor singsot karya ravacana. Journal Communication Specialist, 1(1), 13-44. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/4875
Section
Articles