PERBEDAAN PENDAPATAN SOPIR ANGKUTAN UMUM SEBELUM DAN SESUDAH ADANYA JEMBATAN SURAMADU DI PELABUHAN KAMAL TRAYEK D3 (KAMAL-BANGKALAN)

  • STKIP PGRI Bangkalan
Abstract views: 884 , PDF downloads: 1330

Abstract

Penelitian ini lakukan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pendapataan sopir angkutan umum sebelum dan sesudah adanya jembatan suramadu di Pelabuhan Kamal Trayek D3 (Bangkalan-Kamal). Rumusan masalah merupakan pusat perhatian dalam sebuah penelitian. Untuk itu, sesuai dengan latar belakang masalah di atas, maka masalah penelitian ini berusaha menjawab persoalan tentang adakah perbedaan pendapatan sopir angkutan umum sebelum dan sesudah adanya Jembatan Suramadu di Pelabuhan Kamal. Hipotesis yang diajuakan dalam penelitian ini adalah bahwa adaperbedaan pendapataan sopir angkutan umum sebelum dan sesudah adanya Jembatan Suramadu di Pelabuhan Kamal Trayek D3 (Kamal-Bangkalan).

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan tehnik pengumpulan datanya menggunakan angket terbuka (wawancara). Dari populasi 100 dan sampel yang diambil 23 data diperoleh kemudian dianalisa dengan menggunakan komparatif (perbandingan). Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji-t diketahui bahwa t hitung > t tabel yaitu 12,47>2,073maka Ha diterima pada tingkat signifikansi (α) 5 %. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa adanya Jembatan Suramadu sangat mempengaruhi pendapatan sopir angkutan umum di pelabuhan kamal, tampak jelas perbedaan pendapatan sopir angkutan umum yang sebelumnya dapat mencukupi kebutuhan mereka sehari-sehari.

 

Kata kunci: Pendapatan Sopir, Jembatan Suramadu, Pelabuhan Kamal

References

George soros, Open society reforming global capitalism, (Jakarta: YOI 2007).

Jogiyanto, Metodologi Penelitian Bisnis, (Yogyakarta:BPFE Yogyakarta, 2007).

Jurnal. Ach. Fawaid Albarahinil Haqqi, Dampak Beroperasinya Jembatan Suramadu Terhadap Eksistensi Pedagang Kaki Lima (PKL) di Pelabuhan  Kamal Madura (Study Kasus di Pelabuhan Kamal Madura).
http://radarmaduranews.com/ (Jum`at, 10 Juli 2009 16:34:34).

Mohammad Effendi, dampak pembangunan jembatan suramadu terhadap perekonomian pulau madura (Studi Kasus Kabupaten Bangkalan)skripsi 2013.

Sutrisno Hadi, Metodologi Research, Jilid I, (Yogyakarta : UGM, 1983 ).

Maksum Habibi dan Ahmad Widodo: 2008.

Metode Penelitian, Prof. Dr. Sugiyono: 2011.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Published
2017-08-30
Section
Articles