PERILAKU PEMBELIAN PRODUK FASHION DIDASARKAN PADA KEPERCAYAAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL

Abstract views: 839 , PDF downloads: 2049

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penggunaan sosial media pada perilaku pembelian berdasarkan kepercayaan mereka dalam membeli di Kota Surabaya. Penelitian ini mengusulkan dan menguji model lima variabel yang mempengaruhi keyakinannya dalam membeli serta perilaku pembelian. Faktor-faktor yang diuji terdiri dari variabel bebas yaitu pada penggunaan media sosial, antara lain keterhubungan, keterbukaan, kecepatan, aksesibilitas, dan partisipasi, sedangkan variabel terikat adalah keyakinan membeli dan perilaku pembelian. Dalam rangka untuk mengeksplorasi masalah ini, metode kuantitatif menggunakan software partial least square dengan melakukan penyebaran kuesioner di kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan 250 responden yang representatif. Hasil mengkonfirmasi adanya pengaruh yang signifikan antara faktor penggunaan media sosial terhadap kepercayaan membeli dan minat pembelian.

References

Armstrong, J, Morwitz, V., & Kumar, V. (2000). Sales Forecasts for Existing Consumer Products and Services: Do Purchase Intentions Contribute to Accuracy? International Journal of Forecasting, 16(3), 383-397.

Burgoon, J., Bonito, J., Bengssson, B., Ramirez, A., Dunbar, N., & Miczo, N. (2000). Testing the interactivity model: Processes, partner assessments, and the quality of collaborative work. Journal of Management Information Systems, 16(3), 33-56.

Dykeman, D. (2008). How do you define social media?. Retrieved from http://broadcasting-brain.com/2008/02/09/how-do-you-define-social-media/
Hair Jr, Joseph F, Hult, Ringle, and Sarstedt, (2014), A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), Sage Publicahtion.

Jantsch, J. (2008). Duct Tape Marketing. Retrieved from http://www.ducttapemarketing.com/blog/2008/09/25/the-definition-of-social-media/Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Uers of the world, unit! The chanllenges and opportunities of social media. Business Horizons, 53, 59-68.

Khalaf Ahmad, Ala'Eddin Moh. (2016), Social Media Usability and Its Impact on Buyer Purchasing Behavior Based on Buyer's Trust: Saudi Arabia Context, International Journal of Business Administration, Vol. 8, No. 1; 2016

Kotler, P., & Armstrong, G. (2009). Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Mayfield, A. (2008, August 1). What is social media. Icrossing. Retrieved from http://www.icrossing.com/icrossing-what-is-social-media

McKnight, D., & Chervany, N.L. (2002). What turst means in e-commerce customer relationships: aninterdisciplinary conceptual typology. International Journal of Eletronic Commerce, 6(2), 35-59.

Parr, B. (2008). Ben Parr's Entrepreneurial Musings. Retrieved from http://benparr.com/2008/08/its-time-we-defined-social-media-no-more-arguing-heres-the-definition/

Spallek, H., O’Donnell, J., Clayton, M., Anderson, P., & A. Krueger. (2010). Paradigm shift or annoying distraction - emerging implications of Web 2.0 for clinical practice. Applied Clinical Informatics, 1, 96-115. http://dx.doi.org/10.4338/ACI-2010-01-CR-0003

Taprial, V., & Kanwar, P. (2012). Understanding social media. Varinder Taprial & PriyaKanwar & Ventus Publishing ApS.
Published
2017-03-31
Section
Articles