Persepsi Siswa SMA Terhadap Materi Pembelajaran Matematika Secara Online

  • Awanda Mislul Pasehah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dani Firmansyah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Alpha Galih Adirakasiwi Universitas Singaperbangsa Karawang
Abstract views: 1228 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1298

Abstract

Abstract

Students' perceptions about mathematics are relatively difficult subjects that form negative impressions and experiences. One that can minimize this perception is by using learning media such as the internet. Learning that is usually carried out in class, when using the internet, learning can be done online. Online learning is also one of the phenomena currently occurring as a result of the Covid-19 pandemic. Online learning is also carried out in mathematics learning. The purpose of this study was to determine high school students' perceptions of online mathematics learning material. This study uses a qualitative approach with phenomenological methods and with the data collection techniques were questionnaire data, interview data and documentation. The results of this study indicate that the perceptions of high school students towards online mathematics learning materials vary. The perceptions that arise are based on the experiences and feelings of each student which then processes the response into positive or negative perceptions. Positive perceptions show that online mathematics learning materials are still needed by students. In addition, mathematics learning materials delivered online do not waste internet quota. Meanwhile, negative perceptions of online mathematics learning material are shown by students' unenthusiastic and unfocused attitude. In addition, students feel objected if mathematics learning material continues to be delivered online.

 

Keywords: Phenomena, Perceptions, Online Mathematics Learning

 

Abstrak

Persepsi siswa mengenai pelajaran matematika yaitu pelajaran yang relatif sulit sehingga membentuk kesan dan pengalaman negatif. Salah satu yang dapat meminimalkan persepsi tersebut yaitu dengan menggunakan media pembelajaran seperti internet. Pembelajaran yang biasanya dilakukan di kelas, ketika menggunakan internet pembelajaran dapat dilakukan secara online. Pembelajaran secara online juga merupakan salah satu fenomena yang terjadi saat ini sebagai akibat dari pandemi Covid-19. Pembelajaran secara online ini juga dilakukan pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa SMA terhadap materi pembelajaran matematika secara online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi dan dengan teknik pengumpulan data adalah data angket, data wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa SMA terhadap materi pembelajaran matematika secara online beragam. Persepsi yang muncul berdasarkan pengalaman dan perasaan masing-masing siswa yang kemudian mengolah respon tersebut menjadi persepsi positif atau negatif. Persepsi positif menunjukkan bahwa materi pembelajaran matematika secara online tetap dibutuhkan oleh siswa. Selain itu, materi pembelajaran matematika yang disampaikan secara online tidak terlalu memboroskan kuota internet. Sedangkan persepsi negatif terhadap terhadap materi pembelajaran matematika secara online ditunjukkan dengan sikap tidak antusias dan tidak fokus dari siswa. Selain itu, siswa merasakan keberatan apabila materi pembelajaran matematika terus disampaikan secara online.

 

Kata Kunci: Fenomena, Persepsi, Pembelajaran Matematika Secara Online

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Awanda Mislul Pasehah, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Pendidikan Matematika

Dani Firmansyah, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Pendidikan Matematika

Alpha Galih Adirakasiwi, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Pendidikan Matematika

References

[1] Wahyudi, H. Suyitno, and S. B. Waluya, “Dampak Perubahan Paradigma Baru Matematika Terhadap Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Indonesia,” J. Ilm. Kependidikan, vol. 1, no. 1, pp. 38–47, 2018.
[2] Intisari, “Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika,” J. Pendidik. Pascasarj. Magister PAI, vol. 1, no. 1, pp. 62–71, 2017.
[3] B. Walgito, Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2017.
[4] A. . Sudirman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.
[5] Mohammad Yazdi, “E-learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis teknologi Informasi,” J. Ilmua Foristek, vol. 2 (1), no. 1, pp. 143–152, 2012.
[6] Syarifudin, Pengembangan Sistem Pembelajaran Online Di Smk Nu Ungaran. Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2017.
[7] A. Rizal, “Pengaruh Diskusi Online Menggunakan Whatsapp Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Listrik Dinamis Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung,” vol. 23, no. 3, p. 2019, 2019.
[8] A. Suyitno, Dasar-Dasar Proses Pembelajaran 1. Semarang: Pendidikan Matematika FMIPA UNNES, 2004.
[9] G. Saleh, M. Arif, P. Studi, I. Komunikasi, and U. Abdurrab, “PEMIKIRAN HIZBUT TAHRIR INDONESIA,” vol. 7, pp. 41–54.
[10] J. Rakhmat, Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019.
[11] J. W.Creswell, Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.
[12] N. R. Siregar, “Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game,” Pros. Temu Ilm. X Ikat. Psikol. Perkemb. Indones., pp. 224–232, 2017, [Online]. Available: http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2193.
[13] W. Wendri, “Persepsi Tokoh Masyarakat Kota Medan tentang Calon Gubernur Berlatarbelakang TNI Pada Pilkada 2018,” Persepsi Commun. J., vol. 2, no. 1, pp. 60–69, 2019, doi: 10.30596/persepsi.v2i1.3932.
[14] K. Ningsih, Komunikasi Sosial (Studi Fenomenologi terhadap Anak Jalanan di Kota Makassar). Makassar: UIN Alauddin Makassar, 2014.
[15] M. R. Silmi, “Student Perception of Duolingo as A Media for Learning English,” 2016.
[16] Nurdiana, Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika (Studi Kasus di Mts NW Talun). Mataram: Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, 2017.
[17] E. Erin and A. Maharani, “Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika terhadap Perkuliahan Online,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 3, pp. 337–344, 2018, doi: 10.31980/mosharafa.v7i3.39.
Published
2020-12-09
Section
Articles