Studi Literatur: Computational Thinking Dalam Penyelesaian Soal Cerita

  • Rachmat Hidayat Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Juniati Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Khabibah Universitas Negeri Surabaya
Abstract views: 81 , 7557 Publish (Bahasa Indonesia) downloads: 208

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyelesaian soal cerita matematika dengan menggunakan Computational Thinking (CT). Penelitian ini berfokus pada kegiatan penyelesaian soal cerita matematika yang merupakan salah satu aspek penting yang muncul dalam soal-soal PISA, khususnya soal yang menguji literasi matematika. Analisis dan deskripsi teoretis tentang bagaimana proses CT dalam penyelesaian soal cerita matematika disajikan dengan gagasan utama yakni, computational thinking dapat dipandang sebagai pendekatan dalam penyelesaian masalah matematika. Dan karena untuk menyelesaikan soal cerita matematika membutuhkan kemampuan penyelesaian masalah matematika, maka CT dapat digunakan sebagai pendekatan penyelesaian soal cerita matematika. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, di mana data diperoleh melalui telaah, pembacaan, dan sintesis informasi dari beragam sumber. Sebanyak 19 artikel yang digunakan sebagai referensi berasal dari jurnal terakreditasi dengan minimal peringkat SINTA 4. Kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa CT sebagai sebuah pendekatan dalam penyelesaian masalah matematika memiliki langkah-langkah yang sesuai dengan penyelesaian soal cerita matematika yang banyak dikemukakan oleh beberapa ahli sebelumnya. Langkah decomposition dan pattern recognition sesuai dengan langkah memahami, Abstraction sesuai dengan Perencanaan, algorithm design sesuai dengan menyelesaikan persamaan matematika, optimization and iteration sesuai dengan mengecek ulang solusi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Organisation for Economic Co-operation and Development., PISA 2012 assessment and analytical framework : mathematics, reading, science, problem solving and financial literacy. OECD, 2013.

A. Strohmaier, “Metacognitive Reading Strategies and Mathematical Word Problem–Solving in PISA: Related but Confounded,” American Educational Research Association (AERA), Sep. 2022. doi: 10.3102/1880446.

M. S. Riley, J. G. Oreeno, and J. I. Heller, “CIV DEVELOPMENT OF CHILDREN’S PROBLEMSOLVING ABILITY IN ARITHMETIC,” 1983.

J. A. Van de Walle, K. S. Karp, and J. M. Bay-Williams, Elementary and middle school mathematics : teaching developmentally, 5th Edition. Printed in the United States of America, 2004.

A. K. Jitendra, E. Sczesniak, C. C. Griffin, and A. Deatline-Buchman, “Mathematical word problem solving in third-grade classrooms,” Journal of Educational Research, vol. 100, no. 5, pp. 283–302, May 2007, doi: 10.3200/JOER.100.5.283-302.

Stephen. Krulik and J. A. Rudnick, Problem solving : a handbook for elementary school teachers. Allyn and Bacon, 1988.

B. Zhong, Q. Wang, J. Chen, and Y. Li, “An exploration of three-dimensional integrated assessment for computational thinking,” Journal of Educational Computing Research, vol. 53, no. 4. Baywood Publishing Co. Inc., pp. 562–590, Jan. 01, 2016. doi: 10.1177/0735633115608444.

J. M. Wing, “Computational thinking,” Commun ACM, vol. 49, no. 3, pp. 33–35, Mar. 2006, doi: 10.1145/1118178.1118215.

D. Seehorn et al., CSTA K–12 computer Science Standards. ACM, 2011.

Y. Tabesh, “Computational thinking: A 21st century skill,” in Olympiads in Informatics, Vilnius University, 2017, pp. 65–70. doi: 10.15388/ioi.2017.special.10.

K. Brennan and M. Resnick, “New frameworks for studying and assessing the development of computational thinking.”

F. Chahyadi, M. Bettiza, N. Ritha, M. Radzi Rathomi, and N. Hayaty, “Peningkatan High Order Thinking Skill Siswa Melalui Pendampingan Computational Thinking,” Jurnal Anugerah, vol. 3, no. 1, pp. 25–36, Jun. 2021, doi: 10.31629/anugerah.v3i1.3344.

A. V. Mawardi, A. W. Yanti, and Y. Arrifadah, “Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau dari Gaya Kognitif,” Jurnal Review Pembelajaran Matematika, vol. 5, no. 1, pp. 40–52, Jun. 2020, doi: 10.15642/jrpm.2020.5.1.40-52.

L. Verschaffel, E. De Corte, S. Lasure, G. Van Vaerenbergh, H. Bogaerts, and E. Ratinckx, “Learning to Solve Mathematical Application Problems: A Design Experiment With Fifth Graders,” Math Think Learn, vol. 1, no. 3, pp. 195–229, Sep. 1999, doi: 10.1207/s15327833mtl0103_2.

M. Seifi, F. Azizmohamadi, and M. Haghverdi, “Recognition of Students’ Difficulties in Solving Mathematical Word Problems from the Viewpoint of Teachers,” Journal of Basic and Applied Scientific Research, 2012, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/261548865

T. P. Carpenter, J. M. Moser, and H. C. Bebout, “Representation of Addition and Subtraction Word Problems,” 1988. [Online]. Available: http://www.jstor.orgURL:http://www.jstor.org/stable/749545http://www.jstor.org/stable/749545?seq=1&cid=pdf-reference#references_tab_contents

S. Jan and S. Rodrigues, “STUDENTS’ DIFFICULTIES IN COMPREHENDING MATHEMATICAL WORD PROBLEMS IN ENGLISH LANGUAGE LEARNING CONTEXTS,” International Researcher , vol. 1, no. 3, 2012, [Online]. Available: www.iresearcher.orgwww.iresearcher.orgwww.iresearcher.org

A. Desoete, H. Roeyers, and A. De Clercq, “Can offline metacognition enhance mathematical problem solving?,” J Educ Psychol, vol. 95, no. 1, pp. 188–200, 2003, doi: 10.1037/0022-0663.95.1.188.

J. Brennan, “UNDERSTANDING ALGEBRA,” 2002.

Published
2023-12-27
Section
Articles