Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kartu Identitas Anak di Kantor Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo

  • Mahardika Prameswari Universitas Dr.Soetomo Surabaya
  • Sapto Pramono Universitas Dr.Soetomo Surabaya
  • Sri Roekminiati Universitas Dr.Soetomo Surabaya
Abstract views: 232 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 254
Keywords: Public Service, Prambon District, KIA

Abstract

Pelayanan publik merupakan rangkaian kegiatan guna pemenuhan kebutuhan masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pelayanan yang baik akan menimbulkan feedback yang baik, begitu pula sebaliknya pelayanan yang yang kurang baik atau kurang memuaskan dapat menjadi suatu masalah apabila tidak diperbaiki dengan segera. Suatu pelayanan akan berjalan dengan baik dan memuaskan apabila pelaku pelayanan memberikan pelayanan yang prima dan menjadikan pelanggan adalah seorang raja. Pelayanan KIA termasuk pelayanan baru yang ada di Kantor Kecamatan Prambon. KIA adalah identitas resmi seorang anak sebagai tanda bukti bahwa anak tersebut belum atau kurang dari 17 tahun serta belum menikah yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisa dan hambatan yang dialami pada saat melakukan pelayanan KIA di Kantor Kecamatan Prambon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan data yang dikumpulkan berupa data wawancara, data observasi, dan data dokumentasi dengan teori manajemen pelayanan publik yang dirumuskan oleh Ratminto (2005). Hasil dari penelitian ini ialah 1) pelayanan KIA di Kantor Kecamatan Prambon dinilai cukup dan baik, pelayanan tanggap dan masyarakat merasa puas karena ekspektasi mereka terpenuhi, dan 2) hambatan-hambatan yang dialami pada saat melakukan pelayanan KIA di Kantor Kecamatan Prambon bisa diselesaikan dengan baik oleh petugas berkat pendekatan secara deduktif sehingga masyarakat lebih bersikap objektif dan rasional.

References

Agustino, L. (2008). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. PT Alfabeta.
Azwar, H. (2019). ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK ( Studi Kasus BPJS Kesehatan di Kawasan Industri Cikarang ). Sosio E-Kons, 11(3), 259–267.
Brady, M. K., & Cronin, J. J. (2001). Some New Thought on Conceptualizing Perceived Service Quality : A Hierarchial Approach. The Journal of Marketing 2001, 65 (3), 34–39.
Bungin, B. (2012). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT Raja Grafindo Persada.
Hasibuan, M. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.
Izudin, A. (2019). Kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik dalam mewujudkan good governance di Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta. Publisia: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 4(1). https://doi.org/10.26905/pjiap.v4i1.2199
Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia Jilid Satu. Prentice Hall.
Lewis, R. C., & Booms, B. H. (1983). The Marketing Aspects Of Service Qaulity. Emerging Perspectives on Service Marketing.
Menteri Dalam Negeri. (2016). Peraturan Menteri Dalam Negeri. Euphytica, 18(2), 22280. http://dx.doi.org/10.1016/j.jplph.2009.07.006%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.neps.2015.06.001%0Ahttps://www.abebooks.com/Trease-Evans-Pharmacognosy-13th-Edition-William/14174467122/bd
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara. (2003). Keputusan Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : 63/Kep/M.Pan/7/2003. Keputusan Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara.
Moleong, L. J. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Mukarom, Z. dkk. (2015). Manajemen Pelayanan Publik. CV Pustaka Setia.
Mustofa, A., Roekminiati, S., & Lestari, D. S. (2020). Adminitrasi Pelayanan Kesehatan Masyarakat. CV Jakad Media Publishing.
Pemerintah Pusat. (2009). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Jakarta, 5(August), 12–42. http://downloads.esri.com/archydro/archydro/Doc/Overview of Arc Hydro terrain preprocessing workflows.pdf%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jhydrol.2017.11.003%0Ahttp://sites.tufts.edu/gis/files/2013/11/Watershed-and-Drainage-Delineation-by-Pour-Point.pdf%0Awww
Peraturan Pemerintah RI. (2012). PP Nomor 96 Tahun-2012 Pelayanan Publik (pp. 1–44).
PermenpanRB 15/2014. (2014). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan. Menkumham, 1–14.
Prambon, P. K. (2021). Keputusan Camat Prambon.
Ratminto, & Winarsih, A. S. (2005). Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar.
Rianti, S., Rusli, Z., Yuliani, F., Bina, K., Jl, W., & Pekanbaru, P. (2019). dari pelayanan aparatur pemerintah akan se- Sipil merupakan unsur pelaksanaan Peme- Kepala Dinas yang berada dibawah dan ber-. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 15, 412–419.
Roberto, A., Kadir, A., & Angelia, N. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Kepala Desa Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(1), 35–41. https://doi.org/10.31289/jipikom.v1i1.172
Santoso, R. S. (2008). Model dalam Kebijakan Publik. 1–32. http://eprints.undip.ac.id/771/1/MODEL_DALAM_KEBIJAKAN_PUBLIK.pdf
Saryono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. PT Alfabeta.
Sinambela, L. P. (2008). Reformasi Pelayanan Publik. Bumi Aksara.
Sugiono. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif dan R&D. PT Alfabeta.
Taufiqurokhman. (2014). Kebijakan Publik Pendelegasian Tanggungjawab Negara Kepada Presiden Selaku Penyelenggara Pemerintah. Fisip Universitas Moestopo Beragama (Pers).
Vredenbregt, J. (1979). Metode dan Teknik Penelitian Dalam Masyarakat. Gramedia.
Winarno, B. (2002). Teori dan Proses Kebijakan Publik. Media Pressindo.
Yayat, R. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Gamping. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA), 2, 56–65. http://eprints.uny.ac.id/17523/1/SKRIPSI FULL.pdf
https://www.harianbhirawa.co.id/jumlah-kartu-identitas-anak-sidoarjo-baru-tercetak-sebanyak-15-500-jiwa/
https://jatim.tribunnews.com/2021/07/24/22-persen-anak-di-sidoarjo-kantongi-kia-dispendukcapil-optimistis-tahun-ini-bisa-penuhi-target diakses pada 27/1/2021 pukul 6.52
www.dukcapil.kotamobagukota.co.id
www.ombudsman.go.id
Published
2023-01-01
How to Cite
Prameswari, M., Pramono, S., & Roekminiati, S. (2023). Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kartu Identitas Anak di Kantor Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 6(2), 154-170. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v6i2.5225