Alih Kode dalam Instruksi Pelatihan Kepada Atlet Perisai Diri SMP YP 17 Surabaya

  • Universitas Dr. Soetomo
  • Universitas Dr. Soetomo
  • Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 270 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 274

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis alih kode dan faktor-faktor yang mempengaruhi adanya alih kode dalam instruksi yang diberikan oleh pelatih Perisai Diri SMP YP 17 Surabaya. Teori yang digunakan untuk mendeskripsikan jenis-jenis alih kode adalah teori dari Suwito, sedangkan dalam mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya alih kode, dalam penelitian ini menggunakan teori dari Chaer. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskripstif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah instruksi yang diberikan oleh pelatih kepada atlet Perisai Diri SMP YP 17 Surabaya, selama pertandingan berlangsung. Data penelitian yang berupa alih kode dalam instruksi yang diberikan oleh pelatih. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik simak catat dan teknik rekam, yang berguna untuk mengumpulkan data berupa instruksi yang diberikan oleh pelatih. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik dasar yaitu menyimak dan merekam instruksi yang diberikan oleh pelatih, dan teknik lanjutan yaitu mencatat hasil rekaman dengan translit data yang didapat. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diperoleh adanya dua jenis alih kode dalam instruksi yang diberikan oleh pelatih Perisai Diri SMP YP 17 Surabaya, yaitu alih kode intern dan alih kode ekstern. Setelah itu peneliti memperoleh faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya alih kode dalam instruksi yang diberikan oleh pelatih kepada atlet Perisai Diri SMP YP 17 Surabaya.

References

Chaer, Abdul dan Leonie, A . 2014. Sosiolinguistik : Perkenalan awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Haugen, E. 1968. The Norwegian Language in America: A Study in Bilingual Behaviour. Philadelphia: University of Pennsylvania Press.
Kamaruddin. 1989. Kedwibahasaan dan Pendidikan Dwibahasa (Pengantar). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Lumintaintang, Yayah B. Mugnisjah. 2009. Tuntutan Hadirnya Produk Alih Kode (code switching) sebagai Stategi Verbal Antarpenutur Bilingual di Indonesia dalam Bahan Ajar BIPA. Ialf_edu. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional Jakarta.
Mahsun. 2007. Metodologi Penelitian Bahasa: Tahap Strategi, Metode dan Tekniknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Nababan, P.W.J. 1993. Sosiolinguistik : Suatu Pengantar. Jakarta: PT Gramedia.
Putra Nusa dan Ninin Dwilestari. 2012. Penelitian Kualitatif PAUD. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi, 2006, Metode Penelitian Survei (Editor), LP3ES, Jakarta
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sumarsono, Paina Partana. 2002. Sosiolinguistik. Yogyakarta: SABDA (Lembaga Studi Agama, Budaya, dan Perdamaian).
Wardhaugh, Ronald. 2006. An Introduction to Sociolinguistics. Oxford: Basil Blackwell
Published
2020-05-09
How to Cite
, , & . (2020). Alih Kode dalam Instruksi Pelatihan Kepada Atlet Perisai Diri SMP YP 17 Surabaya. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1-7. https://doi.org/10.25139/fn.v3i1.2233
Section
Articles