Kesantunan Berbahasa di Lingkungan STAI Nurul Hidayat Selatpanjang

  • Fitra Aryanis Universitas Dr. Soetomo
  • Sri Utami Universitas Dr. Soetomo
  • Kusmiyati Kusmiyati Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 165 , pdf downloads: 156
Keywords: Sopan Berbahasa, STAI Nurul Hidayah Selatpanjang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk penyimpangan kesantunan dan kesopanan yang ada di lingkungan STAI Nurul Hidayah Selatpanjang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan data berupa tuturan-tuturan berupa tuturan yang ada di lingkungan STAI Nurul Hidayah Selatpanjang, dengan menggunakan kaset. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan data ditemukan 6 maksim kesantunan berbahasa di lingkungan STAI Nurul Hidayah Selatpanjang yaitu maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim kerendahan hati, maksim simpati. , dan maksim kesepakatan. (2) Untuk penyimpangan kesantunan ini, ditemukan 5 pelanggaran dalam tuturan, yaitu penyimpangan dari maksim kebijaksanaan, penyimpangan dari maksim kedermawanan, penyimpangan dari maksim pujian, penyimpangan dari maksim kerendahan hati, dan penyimpangan dari maksim. maksim simpati. dan (3) untuk faktor penyebab munculnya penyimpangan ini ada 4 faktor, yaitu: (1) menuduh lawan bicara, (2) menunjukkan emosi pembicara, (3) sebagai kritik, (4) sebagai indikasi tidak suka

References

Eelen, Gino. 2001. Kritik Teori Kesantunan. Bandung : Angkasa. Moleong, J Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Leech, Geoffrey. 2011. Prinsip-prisip Pragmatik.Terjemahan M.D.D Oka. Jakarta: UI Press.

George Yule. 2006. Pragmatik. (Terjemahan Indah Fajar Wahyuni).Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Halliday, H.P. 1975. Logic and Convention. Dalam P. Cole and J.L. MorganSyntax and Semantics, Vol III: Speech Acts. New York: AcademicPress.

Kridalaksana, Kridalaksana. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.

Markhamah. 2011. Analisis Kesalahan dan Kesantunan Berbahasa. Surakarta : Muhammadiyah University Press. Nadar, F.X. 2009. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta.

Moleong, J Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nurhadi. 1995. Tata Bahasa Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press.

Suriana. 2014. Kesantunan Berbahasa Indonesia Murid Kelas VI Sekolah Dasar Islam Athirah Bukit Baruga Makassar (Tesis). Makassar: UNM.

Published
2022-10-26
How to Cite
Aryanis, F., Utami, S., & Kusmiyati, K. (2022). Kesantunan Berbahasa di Lingkungan STAI Nurul Hidayat Selatpanjang. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 129-148. https://doi.org/10.25139/fn.v5i2.4982
Section
Articles