Religiusitas dan Moralitas Tokoh Utama dalam Novel Bulan Terbelah di Langit Amerika Karya Hanum Salsabiela Rais

  • Nensi Apriliya Astuti Universitas Dr. Soetomo
  • Sri Utami Universitas Dr. Soetomo
  • Hetty Purnamasari Universitas Dr. Soetomo
  • Iwan Sugianto Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 88 , pdf downloads: 61
Keywords: Nilai religiusitas, Nilai Moralitas, Novel Bulan Terbelah di Langit Amerika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai religiusitas dan moralitas tokoh utama yang terdapat dalam Novel Bulan Terbelah di Langit Amerika karya Hanum Salsabiela Rais.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena penelitian ini menghasilkan sesuatu yang bersifat deskriptif dan menggunakan data berupa kata-kata, kalimat, dan paragraf. Penelitian ini menggunakan pendekatan intrinsik karena data yang diperoleh berasal dari teks yang ada dalam novel. Teori yang digunakan untuk menganalisis novel ini adalah teori religiusitas oleh Y.B Mangunwijaya dan teori moralitas Rusli Lutan, Y.B Mangunwijaya membagi nilai religiusitas menjadi empat yaitu, pertama, kemampuan manusia berpikir luas untuk menentukan langkah bijaksana dalam menjalani hidup. Kedua, kemampuan manusia mencari dan menemukan petunjuk dari dalam dirinya berdasarkan pengalaman yang telah di lalui. Ketiga, kemampuan manusia mengatasi segala permasalahan dengan simpatik dan menolong orang lain, dan keempat, kemampuan manusia meniadakan diri di hadapan Tuhan. sedangkan Rusli Lutan membagi nilai moralitas menjadi empat yakni, keadilan, kejujuran, tanggungjawab, kedamaian.

Hasil penelitian ini adalah deskripsi nilai religiusitas dan moralitas tokoh utama yang berkenaan dengan, yang pertama, kemampuan manusia berpikir luas untuk menentukan langkah bijaksana dalam menjalani hidup, nilai-nilai religius itu diungkapkan dengan sikap tokoh hanum yang selalu berpikir dari berbagai sudut pandang sebelum memilih suatu keputusan. Kedua, kemampuan manusia mencari dan menemukan petunjuk dari dalam dirinya berdasarkan pengalaman yang telah di lalui, nilai- nilai religius itu diungkapkan dengan sikap tokoh hanum yang mencari dan menemukan petunjuk bahwa manusia adalah kunci bagi dirinya sendiri akan jadi baik atau sebaliknya setelah melalui berbagai macam pengalaman. Ketiga, kemampuan manusia mengatasi segala permasalahan dengan simpatik dan menolong orang lain, nilai-nilai religius itu diungkapkan dengan sikap tokoh hanum yang menolong orang lain tanpa membeda-bedakan baik dari segi agama maupun status sosial. Keempat, kemampuan manusia meniadakan diri di hadapan Tuhan, nilai-nilai religius itu diungkapkan dengan sikap tokoh hanum yang mengakui kekuasaan Tuhan atas segala mahluk di muka bumi, serta nilai moralitas menjadi empat yakni, keadilan, kejujuran, tanggungjawab, kedamaian.

References

Aminuddin. 2014. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Atar, Semi. 1993. Penelitian Kualitatif Sastra. Bandung: Angkasa Raya.

Atmosuwito, Subijantoro. 2010. Perihal Sastra & Religiusitas dalam Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Budi Purnomo, Aloys.2003. Membangun teologi inklusif-pluralistik. Penerbit buku kompas.

Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra. Indonesia: Rosda.

Guntur Tarigan. Henry. 2015. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa Bandung.

Jalaluddin. 2010. Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Khamzah, Hisom. 2014. Religiusitas Dalam Novel di Balik Pesona Surga Karya Arif Y.F. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: JBSI FBS Unesa.

Mangunwijaya, Y.B. 1988. Sastra dan Religiusitas. Yogyakarta: Kansius.

Najid, Moh. 2009. Mengenal Apresiasi Prosa Fiksi: Univrersity Press.

Nataatmadja, Hidajat. 1982. KARSA menegakkan jiwa agama dalam dunia ilmiah : Versi baru Ihya Ulumuddin. IQRA.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rajab, Khairunnas. 2011. Psikologi Ibadah. Jakarta: Amzah.

Ratna, Nyoman Kutha. 2013. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Restiawan, Rendra. 2015. Religiusitas Tokoh Utama Dalam Novel Rama dan Sinta Karya Muhammad Jaya. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: JBSI FBS Unesa.

Salsabiela Rais, Hanum. 2015. Bulan Terbelah di Langit Amerika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Surachmad, Winarno. 1990. Dasar dan Teknik Research: Pengantar dan Metodologi Ilmiah. Bandung: Sinar Harapan.

Teeuw, A. 2013. Sastra dan Ilmu Sastra. Bandung: Dunia Pustaka Jaya.

Published
2022-10-26
How to Cite
Astuti, N. A., Utami, S., Purnamasari, H., & Sugianto, I. (2022). Religiusitas dan Moralitas Tokoh Utama dalam Novel Bulan Terbelah di Langit Amerika Karya Hanum Salsabiela Rais. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 149-176. https://doi.org/10.25139/fn.v5i2.5036
Section
Articles