Analisis Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Dunia Kecil yang Riuh Karya Arafat Nur

  • Achmad Syifauddin Universitas Dr. Soetomo
  • Kusmiyati Universitas Dr. Soetomo
  • Sri Utami Universitas Dr. Soetomo
  • Boedi Martono Universitas Dr. Soetomo
  • Ketin Ayu Heni Tahira Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 141 , pdf downloads: 208
Keywords: Nilai-nilai, pendidikan, karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Dunia Kecil yang Riuh karya Arafat Nur. Adapun nilai-nilai tersebut meliputi; (1) nilai-nilai pendidikan  ketuhanan, (2) nilai-nilai pendidikan moral, (3) nilai-nilai pendidikan sosial, (4) nilai-nilai pendidikan budaya, dan (5) nilai-nilai pendidikan estetika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, deskriptif interpretatif dan analisis konten atau analisis isi. Subjek penelitian ini adalah novel Dunia Kecil yang Riuh karya Arafat Nur. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan analisis nilai-nilai pendidikan dengan pendekatan pragmatik. Data dianalisis dengan teknik deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai: (1) bentuk nilai-nilai pendidikan ketuhanan terdapat 9 karakter (2) bentuk nilai-nilai pendidikan moral terdapat 16 karakter. (3) bentuk nilai-nilai pendidikan sosial terdapat 10 karakter. (4) bentuk nilai-nilai pendidikan budaya terdapat 14 karakter. (5) bentuk nilai-nilai pendidikan estetika terdapat 2 karakter

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmodiharjo, Darji. 2017. Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi. Malang: IKIP Malang.

Departemen Pendidikan Nasional. 2021. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif: Panduan Penelitian beserta Contoh Proposal Kualitatif. Perpustakaan Nasional: Pontianak. (PDF).

Fananie, Zainuddin. 2000. Telaah Sastra. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Hasan, Muhammad, et al. Landasan pendidikan. Penerbit Tahta Media Group, 2021.

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nawawi, Ahmad. 2010. Pentingnya Pendidikan Nilai Moral Bagi Generasi Penerus. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Nur, Arafat. 2021. Dunia Kecil yang Riuh. Yogyakarta: DIVA Press

Saihu. "Pendidikan sosial yang terkandung dalam Surat At-Taubah Ayat 71- 72." Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 9.01 (2020): 127-148.

Sauri, H. Sofyan. “Pengertian Nilai.” Diakses melalui file. upi. edu, Pada (2019).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sayuti, Suminto. A. 2014. Pragmatika Sastra, Beberapa catatan Awal. Yogyakarta: Lereng Merapi

Tarigan, Henry Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Published
2023-04-13
How to Cite
Syifauddin, A., Kusmiyati, Utami, S., Martono, B., & Heni Tahira, K. A. (2023). Analisis Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Dunia Kecil yang Riuh Karya Arafat Nur . Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 39-50. https://doi.org/10.25139/fn.v6i1.6138
Section
Articles