Pengaruh Kualitas Produk dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Richeese Factory di Surabaya


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk dan Kepercayaan Merek (brand trust) terhadap Keputusan Pembelian pada Richeese Factory di Surabaya baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kausal. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah konsumen Richeese Factory di Surabaya dengan kriteria minimal usia 15 tahun yang telah melakukan pembelian produk Richeese Factory baik online maupun offline dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden dan dibulatkan menjadi 100 responden yang telah disebarkan melalui kuesioner. Dalam teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling untuk mengumpulkan sampel yang telah melalui pertimbangan peneliti. Selanjutnya analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji instrumen, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji parsial, uji simultan, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk berpengaruh secara parsial dengan nilai thitung > ttabel yaitu 2,260 > 1,984 bernilai signifikansi 0,026 < nilai signifikan alpha sebesar 0,05, sedangkan Kepercayaan Merek (brand trust)) tidak berpengaruh secara parsial dengan nilai thitung < ttabel yaitu 0,907 < 1,984 bernilai signifikansi 0,366 > nilai signifikan alpha sebesar 0,05. Akan tetapi Kualitas Produk dan Kepercayaan Merek (brand trust)) berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 20,052 > 3,09 dan nilai signifikasi <0,05.