Implementasi Program Layanan Masyarakat Melalui Aplikasi “WargaKu” di Kota Surabaya

  • Rico Bramasta Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Sapto Pramono Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 473 , Full Text downloads: 401

Abstract

Pelayanan publik menjadi isu kebijakan yang semakin strategis dan merupakan isu hangat yang selalu menjadi bahan perbincangan, karena pelayanan publik di Indonesia cenderung berjalan ditempat sedangkan implikasinya sangat luas dalam kehidupan ekonomi, politik, sosial budaya dan lain-lain. Perbaikan dan peningkatan pelayanan di sektor publik merupakan tujuan dari agenda reformasi pemerintahan di Indonesia. Hakikat dari pelayanan publik itu sendiri adalah pemberian pelayanan kepada masyarakat yang merupakan perwujudan kewajiban aparatur pemerintah sebagai abdi masyarakat. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya merilis aplikasi bernama “WargaKu”. Aplikasi berbasis android ini berfungsi sebagai media pengaduan dan layanan untuk warga Kota Pahlawan. Aplikasi yang digagas Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi tersebut, dapat digunakan sebagai media untuk menyampaikan kritik, saran, permohonan informasi, keluhan atau apresiasi kepada Pemkot Surabaya. fokus penelitian yang digunakan adalah menitik beratkan pada “Bagaimanakah pengimplementasian kebijakan atau program layanan masyarakat melalui aplikasi “WargaKu” di kota Surabaya.

Kata kunci: Implementasi, Pelayanan, Aplikasi Wargaku

Published
2023-04-03
How to Cite
Bramasta, R., & Pramono, S. (2023). Implementasi Program Layanan Masyarakat Melalui Aplikasi “WargaKu” di Kota Surabaya. Soetomo Administrasi Publik , 1(1), 47-60. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sap/article/view/5733
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>