Analisis Pelayanan Transportasi Publik Feeder Wira Wiri di Kota Surabaya

  • Dita Nalela Putri Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Zainal Fatah Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Ika Devy Pramudiana Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 50 , Full Text downloads: 42
Keywords: Kota Surabaya, Kualitas Pelayanan, Feeder Wira – Wiri

Abstract

Kota Surabaya merupakan salah satu wilayah yang ada di Jawa Timur dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi. Tingkat kepadatan yang tinggi mengakibatkan tingginya juga angka kemacetan lalu lintas di Kota Surabaya. Maka hal ini mengakibatkan pemerintah berusaha menciptakan program – program baru untuk mengurangi angka kemacetan melalui beberapa program inovasi yang dibuat seperti Suroboyo Bus, Trans Semanggi, dan salah satu nya yang sekarang diterapkan yakni Feeder Wira – Wiri. Masyarakat mengalami puas ketika mereka merasa bahwa pemberi pelayanan sudah sesuai dengan kebutuhan yang masyarakat inginkan.. Maka dengan itu pemerintah membuat program Feeder Wira Wiri yang gunanya untuk menjangkau wilayah pinggiran yang ada di Kota Surabaya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan transportasi public feeder wira wiri di Surabaya. Metode penelitian ini kualitatif deskriptif dengan pendekatan teori kualitas pelayanan public 5 indikator yakni, tangibles, empathy, assurance, responsiveness, assurance. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa dilihat dari dimensi tangibles, masyarakat sudah merasa puas dengan adanya program Feeder Wira Wiri terlihat dari semakin meningkatnya jumlah penumpang setiap bulannya, Reliability sudah dirasa cukup puas karena petugas sudah menerapkan budaya 5S. Responsiveness, bahwa masyarakat sudah merasa puas dengan respon yang diberikan oleh petugas dan komunikasi sudah terjalin dengan baik. Assurance, petugas memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan mode layanan transportasi Feeder Wira Wiri dengan melengkapi CCTV pada feeder. Emphaty, petugas tidak membeda-bedakan pelayanan antar suku, ras, maupun golongan semua sama rata tak terkecuali. 

 

 
Published
2024-04-02
How to Cite
Dita Nalela Putri, Fatah, Z., & Pramudiana, I. D. (2024). Analisis Pelayanan Transportasi Publik Feeder Wira Wiri di Kota Surabaya. Soetomo Administrasi Publik , 2(1), 83-92. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sap/article/view/8075
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>