Evaluasi Inovasi Pelayanan Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Dalam Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit William Booth Surabaya
Abstract
Perkembangan fitur aplikasi JKN merupakan wujud dari komitmen BPJS Kesehatan untuk memberikan kemudahan akses dan pelayanan yang optimal bagi peserta. Manfaat dari aplikasi JKN, antara lain melakukan pendaftaran peserta baru, perubahan data peserta, mengecek ketersediaan tempat tidur di fasilitas kesehatan, skinning mandiri, Tagihan BPJS Kesehatan, konsultasi dokter, dan masih banyak semua yang didapatkan oleh masyarakat untuk berkonsultasi dilakukan dari rumah melalui aplikasi JKN. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi inovasi layanan pengguna mobile JKN dengan pengukuran kriteria evaluasi kebijakan publik dan standar pelayanan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan memperoleh data dengan observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini merujuk pada layanan mobile JKN yang menggunakan kriteria evaluasi kebijakan publik : (i) efektivitas, mobile JKN sangat membantu para penggunanya, dan mampu mempermudah pasien untuk berobat di rumah sakit William Booth Surabaya; (ii) efisiensi, dengan adanya mobile JKN dapat mempermudah pasien untuk pendaftaran ke RS William Booth Surabaya. Penggunaan mobile JKN juga memiliki kendala seperti sistem eror. Pembayaran dapat ditanggung menggunakan BPJS melalui mobile JKN; (iii) kecukupan, aplikasi mobile JKN diharapkan sistemnya dapat diperbarui untuk mempermudah bagi pengguna mobile JKN. Dampak penggunaan mobile JKN sangat positif bagi para penggunanya. Adapun standar pelayanan : (i) keandalan, pelayaan pengguna mobile JKN dan pasien biasa di RS William Booth Surabaya tidak dibedakan mulai dari segi pemeriksaan, dan penanganan; (ii) ketanggapan, pegawai maupun dokter di RS William Booth Surabaya sangat baik dalam merespon keluhan-keluhan yang diberikan pasien pengguna mobile JKN; (iii) asuransi, syarat daftar mobile JKN wajib memiliki BPJS, email, dan handphone. Tingkat kesopanan di RS William Booth Surabaya diperkirakan 90% (Sembilan puluh persen); (iv) empati, pegawai yang tanggap adalah pegawai yang sukses dalam memberikan pelayanan. Penggunaan mobile JKN dapat digunakan peserta BPJS; (v) berwujud, pendaftaran melalui mobile JKN lebih cepat dibandingkan pendaftaran langsung ke RS. Sarana prasarana yang diberikan RS William Booth Surabaya sangat lengkap, namun kekurangan hanya pada ruang tunggu pendaftaran, yang diharapkan mampu diperluas.
Kata Kunci : Mobile JKN, Rumah Sakit William Booth Surabaya, Evaluasi Kebijakan, Standar Pelayanan