Inovasi Pelayanan Tiket Wisata Berbasis Website di Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan inovasi pelayanan tiket wisata berbasis website di Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan teori inovasi menurut Rogers (1983) yaitu kemanfaatan (relative advantage), kesesuaian (compatibility), kerumitan (complexity), kemungkinan dicoba (trialability), dan kemudahan diamati (observability). Metode pendekatan yaitu kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa inovasi pelayanan tiket wisata dalam pelayanan publik berbasis website yaitu Tiket Wisata Surabaya telah berjalan dengan baik. Walaupun masih terdapat kendala dalam pelaksanaannya seperti sistem yang terkadang down dikarenakan adanya maintenance. Maka dari itu, penelitian ini merekomendasikan agar Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya dapat mengoptimalkan sistem agar meminimalisir terjadinya sistem yang down, memberikan informasi dengan lebih cepat serta lengkap, dan website ini juga harus terus disosialisasikan kepada masyarakat luas.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Inovasi Pelayanan, Tiket Wisata Berbasis Website