Evaluasi SuKMa-E-Jatim Dalam meningkatkan Pelayanan Kepuasan Masyarakat di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Gresik


Abstract
SuKMa-E-Jatim adalah inovasi berbasis internet yang dikelola oleh Biro Organisasi Setdaprov Jatim. Dengan inovasi tersebut bisa mengetahui tingkat kepuasan masyarakat secara tepat dan cepat oleh seluruh penyedia pelayanan publik. SuKMa-E- Jatim bertujuan untuk mengetahui gambaran Kepuasan Masyarakat, yang diperoleh dari hasil pengukuran atas pendapat masyarakat, terhadap mutu dan kualitas pelayanan di lingkup Pemerintah Kabupaten Gresik. Namun dalam pelaksanaannya Aplikasi SuKMa-E-Jatim mengalami penurunan dalam 3 tahun terkahir Aplikasi sementara seharusnya Aplikasi SuKMa-E-Jatim dilaksanakan dalam masyarakat melakukan pelayanan publik agar bisa mengevaluasi seara langsung pelayanan publik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui peningkatan pelayanan kepuasan masyarakat dan faktor yang mempengaruhi pelayanamelalui Sukma-e Jatim di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Gresik .Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif serta menggunakan teori evaluasi kebijakan menurut William N. Dunn yang terdiri dari beberapa elemen yaitu efektivitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas, dan ketepatan. Hasil dari penelitian ini adalah plikasi SuKMa-E-Jatim merupakan program yang sangat bagus Kata