Peran Kader Surabaya Hebat Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Menggunakan Aplikasi Sayang Warga (ASW) Di Kelurahan Kalirungkut Kecamatan Rungkut Surabaya
Abstract
ABSTRAK
Pemerintah Kota Surabaya melakukan berbagai upaya perbaikan sistem pelayanan publik, terutama pelayanan administrasi kependudukan yang cepat dan mudah, untuk mengatasi masalah kemiskinan dan pengangguran saat ini yang berdampak di akses pelayanan kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Kader Surabaya Hebat dalam pelayanan administrasi kependudukan melalui Aplikasi Sayang Warga di kelurahan Kalirungkut kecamatan Rungkut, menemukan faktor penghambat dan pendukung dalam pelayanan administrasi kependudukan melalui Aplikasi Sayang Warga.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif , Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder yang berkaitan dengan situasi dan kondisi empiris peran kader. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian wawancara guna memperoleh data primer dan sekunder serta data pendukung lainnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses kajian peran Kader Surabaya Hebat Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Aplikasi Sayang Warga (ASW) mendapatkan ketepatan prosedur dalam tugas pokok dan fungsi berdasarkan SK Peraturan Walikota No 4 Tahun 2022 Tentang Standar Pelayanan Kelurahan Di Lingkungan Kota Surabaya . Ketepatan target dibuktikan dari hasil data verifikasi dan validasi menunjukkan angka 80%. Yang terakhir adalah ketepatan pelaksana proses hasil komunikasi dan kerjasama dari Kader Surabaya Hebat dan staf kelurahan Kalirungkut. Faktor pendukung dalam peran kader adalah sebagai motivator, administrator dan edukator serta pendampingan pemerintah kelurahan . Faktor penghambat yang ditemukan yaitu kondisi sosial ekonomi dan sumber daya . Pada akhirnya pemerintah sebaiknya menyediakan fasilitas pelatihan menggunakan aplikasi pada kegiatan Kader Surabaya Hebat di kelurahan Kalirungkut kecamatan Rungkut. Selain itu perlu ditingkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya memiliki administrasi kependudukan sebagai identitas jati diri . Ada intervensi skala prioritas dari pemerintah untuk program Aplikasi Sayang Warga (ASW) selain masalah kesehatan antara lain pendidikan dan sosial.
Kata Kunci: Kader Surabaya Hebat, Administrasi Kependudukan, Aplikasi Sayang Warga.
References
Pemerintah Kota Surabaya, 2022, Luncurkan Aplikasi Sayang Warga Pemkot Surabaya Libatkan Kader Identifikasi Masalah Social dan Kesehatan.
M.Sholahuddin, 2022, Sering Lemot, Aplikasi Sayang Warga Sikeluhkan Kader Surabaya Hebat.
Disdukcapil.surabaya .go.id.31 Maret 2023. Pelayanan Sayang Warga di lakukan di Balai RW , Bentuk Komitmen Pemkot Surabaya Meningkatkan Komitmen Warga Kota Surabaya Taat Adminduk. Diakses pada 7 Juli 2023 , dari https://disdukcapil.surabaya.go.id/2023/03/31/pelayanan-sayang-warga-dapat-dilakukan-di-balai-rw-bentuk-komitmen-pemkotsurabaya-meningkatkan-komitmen-warga-surabaya-sadar- adminduk/
Peraturan Walikota No 4 Tahun 2022 , tentang Perubahan atas Peraturan Walikota Surabaya Nomor 55 Tahun 2021 tentang Standar Pelayanan Kelurahan di Lingkungan Pemerintah Kota Surabaya.
Agung Kurniawan, Transformasi Pelayanan Publik, ( Yogyakarta: Pembaruan, 2005), hlm. 1-2
Peraturan Walikota Surabaya Nomor 95 Tahun 2008, Tentang Rincian Tugas Dan Dan fungsi Kelurahan Kota Surabaya Walikota Surabaya.
Haura Attahara, 2018, Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government: Studi Kasus Aplikasi Ogan Lopian Dinas Komunikasi Dan Informatika Di Kabupaten Purwakarta
Ntya Seruni Duhita, 2018, Inovasi Produk E- Lampid Dalam Meningkatkan
Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kota Surabaya.
Budiman Rusli, Pelayanan Publik di Era Reformasi, www.pikiran- rakyat.comedisi 7 Juni 2004
Punikasari, Devi. 2010. Peran Posyandu dalam Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat di Dusun Karangwatu Desa Pucungrejo Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang. { Skripsi }. Universitas Negeri Yogyakarta.
Widoyo, Danu dwinanda.2017. Gambaran Tugas dan Peran Kader Posyandu Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Binangun Kabupaten Cilacap . Universitas Muhammadiyah Gombong
Moenir, H.AS, 2010, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia , Jakarta Cetakan III Bumi Aksara.
Sutopo, (HB. 2006, Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta UNS Press.
Agus Dwiyanto 2014, Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik, Cetakan ke empat, Penerbit Gadjah Mada University Yogyakarta.
Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif, Penerbit Bumi Aksara Jakarta
Lexy J, Moleong.2001. Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Undang- undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
Bungin.H.M. Burhan, 2005, Metodologi Penelitian Kualitatif, Prenada Media, Jakarta
Ndraha, Taziliduhu,2001. Metodologi Ilmu Pemerintahan. Jakarta, Renika Cipta.
Undang- Undang No. 24 Tahun 2013 tentang perubahan dari Undang- Undang No. 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan Administrasi Kependudukan