Analisis Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kaimana

  • Ira Maya Inan
  • Amirul Mustofa Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr.Soetomo Surabaya
Abstract views: 62 , Full Text downloads: 56
Keywords: Pelayanan Publik, Analisis Pelayanan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kaimana.

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kaimana. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kaimana merupakan sebuah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Kaimana dimana seluruh kegiatan 10ublic yang beruhungan dengan pelayanan Masyarakat di Biayai oleh uang Rakyat sehingga diperlukan Analisis Kualitas pelayanan yang diberikan kepada Masyrakat selaku pengguna layanan sebagai bentuk tanggung jawab terhadapt pengguna layanan dalam hal ini Dokumen Administrasi Kependudukan. Pada Penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif deskrptif yang mana penelitian ini mengunakan data data dilapangan sebagai sumber utamayang berfokus pada factor factor yang penghambat dan Pendukung dalam pelayanan Administrasi Kependudukan. Dari hasil penelitian ini factor pemghambat yang paling mendasar adalah Faktor Sumber daya Manusia dapat dilihat dari tingkat Pendidikan , pengembangan apratur, kualitas petugas pelayanan dimana masih banyak pegawai yang belum bisa mengoperasikan peralatan Perekaman, Komputer dengan baik. Dan dari factor sarana dan prasarana dimana terkendala Jarngan komunikasi data, Listrik yang sering padam dan perlatan yang sudah tua, disamping itu faaktor Dukungan Anggaran pun menjadi kendala utama dimana semenjak tidak ada lagi dana DAK makan pelayanan dikampung-kampung terpencil pun menjadi sulit. Faktor Pendukung dimana dalam melaksankan pelayanan sudah di dukung oleh Sisten Administrasi Kependudukn Terpusat merupakan system digitalisasi yang digunakan agar pelayanan dapat terkoneksi secara Nasional. Sistem SIAK Terpusat lebih efisien dari segi system keamanan siber dan dapat memberikan pelayanan administrasi kependudukan dengan lebih cepat. Untuk efektifitas Pelayanan administrasi kependudukan dapt dikatakan sudah berjalan dengan baik diperlukan peningkatan pelayanan di daerah daerah terpencil untuk itu dibutuhkan Anggaran yang memadai,diperlukan Kebijaksaan dari Kepala Daerah juga Dari Pimpinan OPD untuk melihat skala prioritas yang dibutuhkan di Dinas Dukcapil Kabupaten Kaimana.
Pelayanan Publik, Analisis Pelayanan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan
Sipil Kabupaten Kaimana.

References

Mustofa,
, 2012
.
Sidoarjo,
tahun 2022
CV. Publishing, 2020
Peraturan Dalam Negeri 53 Tahun 2011 Tentang Pelaporan Penyelenggara
80
Administrasi Kependudukan
Sugiyono.(2014). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D.Alfabeta :Bandung.
Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta: Bandung Sinambela, L. P. (2011). Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, Dan Implementasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sianipar. (1998). Ekologi Administrasi Negara. Bandung: Informatika Bandung.
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.
Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang
Nomor 23 Tahun 2006
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
Rizka Fadilla,S.Ap, Bukkhari Muali, S.Sos,M.Si,Ardianto Arsan.S.Sos,M.Si.
Analisis Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kerinci, Jurnal tahun 2020
Published
2023-12-05
How to Cite
Inan, I. M., & Mustofa, A. (2023). Analisis Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kaimana. Soetomo Magister Ilmu Administrasi, 333-342. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/smia/article/view/7393