Evaluasi Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Pelayanan Admnistrasi di Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Kaimana
Abstract
riset ini bertujuan menganalisis dan mendiskripsikan mengenai kinerja pegawai dalam meningkatkan pelayanan administrasi, serta faktor – faktor pendukung dan penghambatnya di Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kaimana. Masalah hendak dipecahkan melalui riset ini yakni: 1) Bagaimana kinerja pegawai dalam meningkatkan pelayanan administrasi di Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Kaimana?, 2) Apa yang menjadi faktor – faktor penghambat bagi kinerja pegawai dalam meningkatkan pelayanan administrasi di Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Kaimana? Riset ini berjenis Kualitatif Deskriptif, dengan lokasi adalah Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Kaimana. Informan riset ini berjumlah 12 orang. Data dikumpulkan dalam riset ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data setelah diperoleh dan diolah dalam riset ini, dianlisis menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif. Temuan hasil riset ini, bahwa tingkat kinerja pegawai dalam meningkatkan pelayanan administrasi, berada dalam kondisi cukup baik, terutama dilihat dari dimensi: produktivitas kerja, responsivitas kerja, responsibilitas kerja, akuntabilitas kerja, dan efektivitas kerja. Hal ini dipengaruhi oleh lima faktor, yakni: pengetahuan kerja, ketrampilan kerja, kompetensi kerja, motivasi kerja, dan ketersediaan fasilitas kerja.
References
▪
Amstrong & Baron. 1998. Performance Management. London: Institute Personal and Development.
▪
David, K & J. W. Nestroom. 1996. Perilaku Dalam Organisasi. Jilid 1 & 2, Jakarta: Gelora Aksara Pratama.
▪
Dwiyanto, Agus. 2006. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: UGM Press.
▪
Fadhila, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
▪
Gibson, J.L.Dkk. 1997. Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Penerbit Erlangga.
▪
Herbani Pasolong. 2010 & 2017. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
▪
Khairul Ikhwan. 2019. Deskripsi Reformasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik di Kabupaten Jembrana Provinsi Bali. Vol. 2 No. 1. Ensiklopedia of Journal, Kota Padang Sumatra Barat 2019.
▪
Jordan E. Ayan 2017. Lingkungan Kerja. Jakarta: Mitra Wacana Media.
▪
Kaho, J. Riwu. 2002a. Prospek Otonomi Daerah di Negara RI. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada Indonesia.
▪
Kumorotomo, W. 1996. Akuntabilitas Birokrasi Publik: Sketsa Pada Masa Transisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
▪
La Ode Muhammad Elwan. 2019. Journal Publicuho. Vol 2No 2 Universitas Halu Oleo, Kota Kendari, http://ojs.uho.ac.id/indeks.php/PUBLICUHO. 2019. Kota Kendari.
▪
LAN. RI. 1998. Laporan Akuntabilitas Kinerja Pelayanan Publik. 1998.
▪
Mukarom & Laksana. 2016. Membangunan Kinerja Pelayanan Publik Menuju Clean Government and Good Governance. Bandung: Pustaka Setia.
▪
Mardansyah. 2023. Analisis Pelaksanaan Pelayanan Administrasi, Volume 1 Nomor 1 Tahun 2023. AZZAHRA: Scientific Journal of Social Humanities, https://journal.csspublishing/index.php/azzahra.
▪
Muh. Kadarisman. 2019. Jurnal Ilmu Administrasi, Vol. 16 No. 1 (2019). Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi, jia.stialanbandung.ac.id.
▪
Maiza F, dan Ahmadi Rianto. 2019. Analisis Kinerja Pelayanan Publik (Studi Kasus Kantor Camat Sako Kota Palembang Tahun 2012 (Berdasarkan Pedoman Permenpan No.7 Tahun 2020).
▪
Makmur, Syarif. 2008. Pemberdayaan SDM & Efektivitas Organisasi, Kajian Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Jakarta: Rajawali Press.
▪
Malayu, S.P. Hasibuan. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
▪
Ma’rifah, Dewi. 2005. Pengaruh Kinerja dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pekerja pada Unit Pelaksana Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Surabaya: Universitas Airlangga
▪
Mahmudi. 2010. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Penerbit UUP STIM YKPN.
▪
Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara
▪
Ria Puspita. 2018. Pengaruh Pengetahuan Kerja, kemampuan kerja dan pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan PT Muslimat Nusantara Utama Kab. Malang. Jurnal Management &
20
Business Review, ISSN: 2541
– 5808 (online). Prodi Manajemen Fak.Ekonomi & Bisnis Univ. Kanjuruhan Malang, Indonesia.
▪
Ruky, S. Achmad. 2001. Sistem Manajemen Kinerja: Panduan Praktis Untuk Merancang dan Meraih Kinerja Prima. Jakarta: Gramedia.
▪
Robbins. 2015. Perilaku Organisasi. Jakarta: Penerbit Selemba Empat.
▪
Robbins & Judge. 2012. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
▪
Sinambela. 2010. Pelayanan Publik. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 11 No. 1 Undiksha, Buleleng Bali, Tahun 2019.
▪
Sinambela. 2011. Reformasi Pelayanan Publik, Teori Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.
▪
Steward A. Mitchell. 1998. Empowering People: Pemberdyaan SDM. Yogyakarta: Kanisius.
▪
Soewradi, Herman. 1999. Roda Berputar Dunia Bergulir: Konsi Baru Tentang Timbul Tenggelamnya Sivilisasi. Bandung: Bakti Mandiri.
▪
Spencer, L.M & Spencer, S.M. 1993. Competence at Work: Model For Superior Performance. New York: John Wiley and Sons.
▪
The Liang Gie. 2003. Efisiensi Untuk Meraih Sukses. Yogyakarta: Panduan.
▪
Winardi, J. 2001. Motivasi dan Pemotivasian Dalam Manajemen. Jakarta: Grafindo
▪
Widya Kurniati Mohi, Nuzlan Botutihe. 2020. Strategi Pemda Dalam Meningkatkan Pelayanan Masyarakat Melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Jurnal Ilmu Administrasi, Vol 9 (2). http://journal.umgo.ad.id/index.php/Publik. Gorongtalo. 2020’
▪
Wibowo. 2007 & 2014. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Grafindo Persada.