Efektivitas Pelayanan Perizinan Melalui Aplikasi Jatim Online Single Submission (JOSS) Pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Timur

  • Leny Setio Rahayu
  • Priyanto Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr.Soetomo Surabaya
Abstract views: 109 , Full Text downloads: 110
Keywords: Efektivitas, Online Single Submission

Abstract

ABSTRAK

Aplikasi JOSS sebagai sebuah sistem perizinan terintegrasi yang menyederhanakan proses perizinan dan memungkinkan para pengusaha untuk mengurus segala perizinan usaha secara online dalam platform berbasis web dan android. Dengan adanya platform ini, para pengusaha tidak perlu lagi bertatap muka langsung dengan berbagai instansi terkait secara terpisah, melainkan dapat mengajukan dan melacak status perizinan secara efisien, kapan saja dan dimana saja secara online. Salah satu keunggulan utama dari JOSS adalah kemudahan dalam proses pengajuan perizinan. Melalui platform ini, para pengusaha dapat mengisi dan mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan dengan mudah dan aplikasi JOSS ini dilengkapi dengan fitur-fitur, seperti notifikasi otomatis, pelacakan status perizinan secara real-time, dan arsip digital untuk memudahkan pengusaha dalam mengelola dan melacak perizinan mereka. Hal ini menghindarkan dari kerumitan proses manual yang seringkali memakan waktu dan energi. Penulisan penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah suatu proses penelitian yang berdasarkan pada metodologi yang menyelidiki sebuah fenomena sosial. Pada penelitian ini yang menjadi focus penelitian adalah bagaimana bentuk pelayanan perizinan melalui aplikasi Jatim Online Single Submission (JOSS) pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Timur. Kemudian focus penelitian yang kedua yaitu bagaimana dampak keberadaan aplikasi Jatim Online Single Submission dalam memberikan pelayanan perizinan pada Dinas Penanaman Modal Dan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Timur.

References

Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif, Bandung: Pustaka Setia.
Drs. Soewarno Handayaningrat. 1990. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. hal 15.
Drs. Zulkifli Amsyah, MLS. 2005. “Manajemen Sistem Informasi ”, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Handayaningrat, Soewarno. 1994. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: CV. Haji Masagung.
Harbani, Pasolong. 2013.Kepemimpinan Birokrasi. Bandung : CV.Alfabeta.
Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik : Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta : Gava Media.
Irwansyah, Edy. 2013. Sistem Informasi Geografis: Prinsip Dasar dan Pengembangan Aplikasi. Yogyakarta: Digibooks.
Jogiyanto, H.M., 2005. Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta:ANDI
Khonita Firdaus. 2017. Efektivitas layanan Mobile Application 'm library di perpustakaan Universitas Gadjah Mada. UNAIR.
Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja sektor publik. yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Moenir. 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Mulyadi. 2016. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat
Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2013. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Santosa, Pandji. 2009. Adimnistrsi Publik: Teori dan Aplikasi Good Goverrnance. Refika Asitama: bandung.
Sedarmayanti. 2010. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, cetakan kedua. Bandung: Mandar Maju.
Siagian Sondang P. 2002. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja, Cetakan Pertama. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Artikel Jurnal
Agrio S. K., Novie P., Neni K. 2017. Efektivitas pelaksanaan tomohon Internasional flower Festival di kota Tomohon. Universitas Sam Ratulangi. Vol 2 No 2.
Cici Malitha Wulandari. 2019. Efektivitas Penerapan E-Government melalui Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Terpadu (SIPPADU) di Kabupaten Kuantan Singingi. Jom FISIP Universitas Riau. Vol 6 Edisi 2.
Dwimawanti H. 2004. Kualitas Pelayanan Publik. Vol 1 No 1.
Fahdly Usman. 2018. Pelaksanaan pelayanan publik melalui Sistem Mobile Elektronik (SIMOLEK) pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekanbaru. Jom FISIP Universitas Riau. Vol 5 Edisi 1.
Marlina. 2017. Efektivitas Sistem Perizinan Online dan Tracking Sistem (SPOTS) pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTPSP) Kabupaten Siak. Jom FISIP Universitas Riau. Vol 14 No 2.
Zericka Alexander, Muhammad Dhenda. 2013. Penerapan Electronic Service Dalam Pengembangan Informasi di Kabupaten Kutai Kartanegara. Universitas Mulawarman. Vol 1 No 1.
Published
2023-12-08
How to Cite
Rahayu, L. S., & Priyanto. (2023). Efektivitas Pelayanan Perizinan Melalui Aplikasi Jatim Online Single Submission (JOSS) Pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Timur. Soetomo Magister Ilmu Administrasi, 689 - 700. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/smia/article/view/7454

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>