Kualitas Pelayanan Pembuatan E-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya


Abstract
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya merupakan dinas yang menjalankan urusan pelaksana otonom daerah di bidang kependudukan dan pencatatan sipil, dengan tugas meliputi perumusan kebijakan teknis di bidang kependudukan dan catatan sipil, penyelenggaraan urusan pemerintah danpelayanan urusan pemerintah serta pelayanan publik, dan pengelolaan ketatausahaan dinas. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan fokus penelitian ini yaitu kualitas pelayanan publik pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya. Hasilnya, pelayanan pembuatan KTP-el di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya umumnya terbilang cukup baik dan sudah sesuai standar pelayanan publik namun belum sepenuhnya optimal. Berdasarkan identifikasi persyaratan sudah dilakukan secara baik menyangkut kesederhanaan persyaratan namun kurangnya sosialisasi informasi secara kontinyu mengenai pemahaman masyarakat. Identifikasi prosedur sudah dilakukan secara baik menyangkut kesesuaian dengan ketentuan undang-undang secara detail dan adanya standar operasional prosedur yang jelas. Pada identifikasi waktu proses penyelesaian KTP-el masih tidak berjalan dengan baik dan belum memenuhi prosedur. Identifikasi biaya/tarif pelayanan telah sesuai dengan PERWALI Surabaya Nomor 10 Tahun 2022 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan bahwa gratis. Identifikasi produk pelayanan telah cukup baik.
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. 2022. Jumlah Penduduk Menurut Jenis Kelamin dan Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur (Jiwa). 2021- 2023.
(https://jatim.bps.go.id/indicator/12/375/1/jumlah- penduduk-provinsi-jawa-timur.html)
Chang, Younghoon, Siew Fan Wong, Christian Fernando Libaque-Saenz, and Hwansoo Lee. 2018. “The Role of Privacy Policy on Consumers’ Perceived Privacy.” Government Information Quarterly 35(3): 445–59. https://doi.org/10.1016/j.giq.2018.04.002.
Congge, Umar. 2017. Patologi Administrasi Negara. eds. Kiki Rasmala Sani and Sobirin. Makassar: CV. Sah Media.
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Surabaya. 2020. Ayo Cekatan! (Cek Kartu Tanda Penduduk Anda). Surabaya.
(http://dispendukcapil.surabaya.go.id./)
Eprilianto, Deby Febriyan, Yuyun Eka Kartika Sari, and Boni Saputra. 2019. “Mewujudkan Integrasi Data Melalui Implementasi Inovasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Teknologi Digital Deby Febriyan Eprilianto Yuyun Eka Kartika Sari Boni Saputra Abstrak.” Journal of Public Sector Innovations 4(1): 30–37.
https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpsi/article/vie w/6447.
Hany Fanida, Eva. 2018. “Faktor-Faktor Kesuksesan Penerapan Aplikasi Taprose (Tuban Public Report Services) Temanku Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Tuban.” Publika 6(5): 73–77.
Liando, D M. 2013. “The Influence Of Population Administrative Policy Implementation On The Quality Of Id Card Service.” Bisnis & Birokrasi: Jurnal Ilmu Administrasi dan … 19(2). http://www.ijil.ui.ac.id/index.php/jbb/article/viewA rticle/1885.
Matei, Ani, and Gaita Camelia. 2015. “Public Service in Romania and Its Role in the Development of the Administrative Capacity.” Procedia Economics and Finance 23(October 2014): 982–85. http://dx.doi.org/10.1016/S2212-5671(15)00440-2.
Meirinawati, and Indah Prabawati. 2015. “Definisi, Prinsip, Karakteristik Pelayanan Publik.” Jurnal Administrasi Publik 12(1): 45–54.
Mutimukwe, Chantal, Ella Kolkowska, and Åke Grönlund. 2020. “Information Privacy in E-Service: Effect of Organizational Privacy Assurances on Individual Privacy Concerns, Perceptions, Trust and Self-Disclosure Behavior.” Government Information Quarterly 37(1): 101413. https://doi.org/10.1016/j.giq.2019.101413
Muchlis. 2022. Imbas Blanko Kosong, Warga Surabaya BelumBisa Cetak e-KTP. Kompas.com. (https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/16/182 452178/imbas-blanko-kosong-warga-surabaya- belum-bisa-cetak-e-ktp?page=all.)
Oktariyanda, T, and DF Eprilianto. 2019. “Standardization of the Integrated District Administration Services Program to Optimize Public Services in Sidoarjo Regency.” 383(Icss): 353–56.
Peraturan Menteri Pendayaguanaan Aparatur Negara Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2011 tentang Pedoman Penerbitan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara NasionalPeraturan Walikota Surabaya Nomor 10 Tahun 2022 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan
Rakhmah, Arlita. 2016. “Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Ktp-El (Kartu Tanda Penduduk Elektronik) Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Surabaya.” Publika 4(9): 1– 7.
Sellang, Kamaruddin, Jamaluddin, and Ahmad Mustanir. 2019. Strategi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dimensi, Konsep, Indikator Dan Implementasinya. CV. Penerbit Qiara Media.
Shaikh, Asif Zaheer, Ume Laila Shah, and Chamila Wijekuruppu. 2016. “Public Service Delivery and E- Governance : The Case of Pakistan National University of Science and Technology , Pakistan.” International; Journal for Infonomics 9(2): 1161–70.
Sinambela, Lijan Poltak. 2006. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan Dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutriadi, Edi, and Djamil Hasim. 2018. “Keefektifan Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Pada Dinas Kependudukan , Catatan Sipil , Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Soppeng The Effectiveness of Electronic Resident ID Card Services at the Demographic Affairs Office , Civil Registratio.” Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik 8(3): 27–36.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik