Evaluasi Penerapan Aplikasi Sayang Warga Untuk Meningkatkan Kualitas Administrasi Kependudukan Kelurahan Gayungan Kota Surabaya


Abstract
Kelurahan mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan, pemberdayaan dan pelayanan masyarakat, ketentraman dan ketertiban umum serta lingkungan hidup dalam batas wilayah tertentu. Aplikasi Sayang Warga diciptakan pada tahun 2022 untuk pendataan yang dapat mengidentifikasi permasalahan permasalahan kemasyarakatan, ekonomi, social budaya agama dan lingkungan yang ada di tiap Kelurahan dengan memberdayakan warga. Pelaksanaan Pendataan melalui Aplikasi Sayang Warga di Kelurahan Gayungan dilaksanakan oleh Kader Surabaya Hebat, RT, RW, LPMK dan selanjutnya untuk pengawasan maupun pemanfaatan data oleh Kelurahan, Kecamatan dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam hal pemberian intervensi serta pelayanan kepada warga. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi aplikasi sayang warga bagi Kelurahan Gayungan Kota Surabaya dan memberikan rekomendasi perbaikan penerapan aplikasi sayang warga untuk pemerintah Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dari hasil wawancara dan analisa terhadap masing-masing indikator maka dapat dinyatakan bahwa Penerapan Aplikasi Sayang Warga yang dilaksanakan oleh Kader Surabaya Hebat (KSH), RT, RW, LPMK, Kelurahan Gayungan, Kecamatan Gayungan dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah dilaksanakan dengan baik meskipun memiliki hambatan dalam pelaksananaannya. Saran dari penulis untuk memperbaiki hambatan dan memberi rekomendasi untuk meningkatkan pelayanan administrasi Kelurahan Gayungan Kota Surabaya
References
Anderson dkk. (1975). Equity in health service: empirical analysis in sosial policy. Cambridge: Ballinger.
Arindya, R. (2019). “Efektivitas Organisasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi”. Surabaya: Media Sahabat Cendekia, 64-65.
Bardach, E. (2008). The Implementation Game, Cambridge: MIT Press.
Creswell, J.W. (1998). “Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Tradition”. London: Sage Publications.
Delone, W. H., & Mclean, E. R. (2003). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success : A Ten-Year Update, 19(4), 9–30.
Dewi, H. (2011), Pengaruh Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dan Motivasi Kerja Terhadap Produktifitas Karyawan Pada PT. Pindad (Persero), Thesis Manajemen, UNPAD Bandung: Tidak Diterbitkan.
Fadhilah, N. L. (2015). “Urgensitas Ombudsman dalam Pengawasan Pelayanan Publik”. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, pp.130-136.
Fauzi, I.,M. (2022). “Evaluasi Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government (Studi Pada Aplikasi Surat Warga di Pemerintahan Kabupaten Malang”, Skripsi.
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, Z., M. (2020). “Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19”, Jurnal Kependidikan, Vol. 6, No.2.
Grindle, Merilee S. (Ed). (1980). Politics and Apolicy Implementation in the Third World, New Jersey: Princetown University Press.
Husnayaini, D.,S., & Suberktie, R.W. (2021). “Evaluasi Sitem Pelayanan Publik Provinsi Yogyakarta Untuk Menghadapi Masa New Normal”, Civil Service, Vol. 14, No. 2.
Internet World Stats. (2015). “Top Countries With The Highest Number Of Internet”. http://www.internetworldstats.com/top20.htm diakses tanggal 8 Maret 2023.
Juardi, M.,S.,S., Muchlis, M., Putri, A.,R. (2018). “Evaluasi Penggunaan Aplikasi Siskeudes dalam Upaya Peningkatan Kualitas Akuntabilitas Keuangan Desa”., Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, Vol. 4, No.1.
Maryam, S. 2016. Gizi dalam Kesehatan Reproduksi. Jakarta: Salemba Medika.
Pakei, B. (2016). “Konsep dan Analisis Efektivitas Pengelolaan Keuangan
Daerah di Era Otonomi Daerah”. Jayapura: Taushia.
Putri, S., S.,H., & Mubaroq, H. (2018). “Evaluasi Penerpan Siakel (Sistem Informasi Administrasi Kelurahan) Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik”, Jurnal Ilmiah Politik Kebijakan Sosial.
Rahmadana, M., Mawati, A., T., Siagian, N., Refelino, M.,A.,P.,J., Tojiri, M.,Y., Siagian, V., Nugraha, N.,A., Manullang, S.,O., Silalahi, M., Yendrinof, D., Sari, P., A., Supriadi, Bahri. (2020). “Pelayanan Publik”. Yayasan Kita Menulis.
Ratminto & Atik Septi Winarsih. (2016). “Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,hlm 1.
Sanusi, A. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Keenam. Jakarta: Salemba Empat.
Saptomo, W.,LY, Prasetyo, I., Nugoroho, S., B., & Rimawati, E. (2022). “Evaluasi Penerapan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes ver. 2.0.3) dalam Peningkatan Kinerja Aparat Desa menggunakan Task Technology Fit”, Jurnal Ilmiah Sinus, Vol.20, No.1.
Sinaga, E, dan Haryanto. (2016). “Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Puskesmas di Kabupaten Sleman”. Jurnal of Information Systems for Public Health, Vol.1, No.2.
Solichin, W. (2004). Analisis Kebijaksanaan: Dari Formulasi Ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.
Subarsono, AG. (2005), “Analisis Kebijakan Publik”, Pustaka Pelajar, Yogjakarta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono.(2009).“Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Thoha, M. (2003). Birokrasi dan Politik di Indonesia. Jakarta. Raja, Grafindo.
Urbach, N., & Müller, B. (2012). Urbach-The Updated DeLone and McLean Model of Information Systems Success. Information Systems Theory: Explaining and Predicting Our Digital Society, 1, 1–18.
Wibawa, Samodra.(1994). Evaluasi Kebijakan Publik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wiguna, G., C. (2017). “Aplikasi Metode Spatial Multicriteria Evaluation untuk Pemilihan Lokasi Pengolahan Air Limbah di Kota Surabaya”., Skripsi Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Wulandari, dkk. (2015). “Aplikasi Informasi Lokasi Jalan Rusak Berbasis Web dan Android”, Vol.1, No.1.