“STUDI PERBEDAAN CARA OPERASI PENANGKAPAN IKAN DENGAN ALAT TANGKAP TRAMMEL NET TERHADAP HASIL TANGKAPAN DI PERAIRAN BRONDONG”

A Kusyairi

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara operasi penangkapan ikan dengan alat tangkap trammel net yang lebih baik secara teknis, sehingga akan dapat meningkatkan hasil tangkapan

Metode yang digunakan adalah eksperimen, dengan 4 perlakuan yaitu a) Trammel net dioperasikan secara menghadang, b) Trammel net dioperasikan secara satu kali melingkar, c) Trammel net dioperasikan secara satu setengah kali melingkar, dan d) Trammel net dioperasikan secara putar. Ulangan masing-masing perlakuan ditentukan sebanyak 6 kali ulangan. Parameter yang diukur untuk melihat adanya perbedaan jumlah hasil tangkapan dari ke empat macam cara operasional trammel net yang diteliti adalah cath per hauling per jam

Pengumpulan data primer diperoleh dengan mengadakan pengamatan secara langsung dan ikut serta dalam melakukan penangkapan ikan dengan trammel net. Sedangkan pengumpulan data sekunder diperoleh dengan mencatat laporan dari dinas perikanan, lembaga-lembaga baik pemerintah maupun swasta serta dari pendapat seseorang yang dituangkan dalam literatur.

Dalam menganalisa data digunakan metode statistik sedangkan rancangan yang digunakan adalah rancangan acak kelompok. Pengujian terhadap perlakuan dengan menggunakan analisa sidik ragam, sedangkan untuk membedakan masing-masing perlakuan digunakan uji BNT (beda nyata terkecil).

Dari hasil penelitian yang dilakukan di Perairan Brondong Kabupaten Lamongan kabupaten Lamongan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut : (a) Operasi trammel net secara satu setengah kali melingkar memberikan hasil tangkapan yang lebih banyak bila dibandingkan dengan cara operasi secara menghadang, satu kali melingkar dan secara putar. (b) Ikan yang tertangkap selama penelitian di dominasi oleh ikan peperek (Leiognathathus equulus) yang mencapai jumlah sebanyak 115 ekor ikan ( 11,5 %) dan Udang Putih (Penaeus merguiensis) sebanyak 432 ekor (43,1 %)

 

Kata Kunci : Trammel Net, Metode Penangkapan, Hasil Tangkapan Ikan, Perairan Brondong




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/tf.v1i1.263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.