PENINGKATAN PENDAPATAN NELAYAN KEPITING BAKAU MELALUI PENDEKATAN AGRIBISNIS KELURAHAN WONOREJO KECAMATAN RUNGKUT SURABAYA

DIDIK TRISBIANTORO Ir

Abstract


ABSTRAK

Salah satu strategi untuk mewujudkan meningkatkan pendapatan masyarakat nelayan  adalah dengan pemanfaatan sumberdaya secara optimal, efisien dan efektif. Tingkat pemanfaatan sumberdaya pada masing-masing wilayah harus disesuaikan dengan daya dukung lingkungan kawasan.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui tentang kondisi yang sebenarnya sumber daya perikanan kepiting berkelanjutan, kegiatan penangkapan, melihat kontribusi penghasilan dari penangkapan kepiting, margin dan keuntungan nelayan dalam usaha penangkapan  kepiting.

Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif dan survei populasi dalam penelitian ini ialah nelayan penagkap kepiting bakau di kelurahan wonorejo dengan diambil sebagai sample penelitian sejumlah 26 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didukung dengan data sekunder yang diperoleh dari   Instansi-instansi yang terkait.

Pendapatan nelayan dari usaha penangkapan kepiting bakau Kelurahan Wonorejo Kec Rungkut Surabaya  sebesar Rp. 3.611.490 per bulan dengan RC-ratio rata-rata sebesar 1.10, maka dari segi ekonomi usaha tersebut dikategorikan sebagai usaha masih layak untuk dikembangkan.

Perlu ditingkatkan kemampuan nelayan terutama inovasi teknologi alat tangkap dengan mempergunakan bola bola sehingga lebih baik hasil tangkapannya.

 

Kata Kunci: Pendekatan Agribisnis, Keuntungan,Usaha Penangkapan  Kepiting Bakau




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/tf.v1i1.265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.