PENGARUH DESAIN INTERIOR DAN PENAMPILAN KARYAWAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELI KONSUMEN DINE & CHAT KAFE AND RESTO JAMBI

  • iwan Universitas Muhammadiyah Jambi
  • Asrini Asrini Universitas Muhammadiyah Jambi
  • deca Universitas Muhammadiyah Jambi
Abstract views: 572 , PDF 47-68 downloads: 784
Keywords: desain interior, penampilan karyawan, keputusan pembelian konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Desain Interior dan Penampilan Karyawan terhadap keputusan pembeli konsumen Dine & Chat Kafe and Resto Jambi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain interior dan penampilan karyawan dan keputusan pembeli konsumen Dine & Chat Kafe and Resto Jambi. Populasi pada penelitian ini adalah para konsumen yang pernah datang maupun yang sedang menikmati hidangan di Dine & Chat Kafe and Resto Jambi. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah adalah nonprobability sampling yaitu convenience sample dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel yang terdiri dari desain interior dan penampilan karyawan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembeli konsumen Dine & Chat Kafe and Resto Jambi. Variabel penampilan karyawan mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembeli konsumen Dine & Chat Kafe and Resto Jambi

References

Alma, B. (1999). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung : Alfabeta C.V.

Arens, W.F., Weigold, M.F., & Arens, C. (2009). Contemporary Advertising. Singapore: Mc Graw Hill.

Bisnis food and beverage di Surabaya masih prospektif. (2010, September 29). Kabar Bisnis. Retrieved August 29, 2012, from http://www.kabarbisnis.com/read/2814963

Blackwell, R.D., Miniard, P.W., & Engel, J.F. (2001). Consumer behaviour (9 th ed). Orlando: Harcourt College Publisher.

Buchory, A Herry dan Salasin Djaslim. (2010) . Manajemen Pemsaran (Teori, aplikasi dan Tanya Jawab). Edisi I, Bandung Linda Karya

Cant, M., Strydom, J., Jooste, C., & Plessis, P. d. (2006). Marketing management (5th ed.). Juta & Company.

Chandra, Gregorius.(2002).Strategi dan Program Pemasaran, edisi pertama, cetakan pertama, Andi Yogyakarta.

Chayana, Paulus Rachmat, 2014. “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa “House Of Balloon” Terhadap Niat Beli Ulang Konsumen”. Jurnal Manajemen, Vol. 13, No. 2.

Cooper, D.R.,& Emory, C.W. (1996). Metode penelitian bisnis. Jild I, Edisi ke-5. (Ellen Gunawan & Imam Nurmawan). Jakarta: Erlangga.

Drysdale, J.A. & Aldrich, J.A. (2002). Profitable menu planning . New Jersey: Prentice Hall.

Firmansyah, Mochammad Reza. 2005. “Pengaruh Atribut Produk Silver Queen Terhadap Loyalitas Konsumen”. Widyatama Repository. http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/664.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gordon-Davis, L. & Van Rensburg, L. (2002). “The hospitality industry handbook on nutrition and menu planning”. Lansdowne: Juta & co.

Hartanto, C. Christina dan Hatane Samuel, 2014. “Analisis Pengaruh Physical Evidence, Price, Service, Location dan Salesperson terhadap Buying Intention di Spazio Office Building”. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol. 2, No. 1.

Hartono, Budi dan Agata Edria Yuwono, 2007. “Analisa Pengaruh Physical Evidence Restoran Toko Oen Malang yang Bernuansa Kuno terhadap Keputusan Pembelian Konsumen”. Online catalog Petra Chistian University, (http://dewey.petra.ac.id/catalog/lib.php).

Hoffman, K.D. & Bateson, J.E.G. (1997). Essentials of service marketing. Orlando: The Dryden Press.

Indriantro, N., & Supomo, B. (1999). Metodologi penelitian bisnis. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Kotler, P. and Armstrong, G. (2001).Principle of Marketing : 9thnEdition. New Jersey: prentice Hall.

Kotler, P. (2002). Manajemen pemasaran 1. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran: Buku 1 Edisi Milenium. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kotler, Philip. and Keller, K.L. (2009). Marketing Management: 13th Edition.New Jersey: Upper Saddle River.


Lawson, F. (1993). Restaurant planning & design. Great Britain: Van Nostrand Reinhold Company.

Lillicarp, D.R & Cousins, J.A. (1994). Food and beverage service (4th ed). England: Hodder & Stoughton.

Lovelock, C. & Wright, L. (2002). Principles of service marketing (2nd ed). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Mukhsinah dan Ida A. Brahmaratih, 2014. “The Impact of Product, People, Process Dan Physical Evidence on Customer Loyalty at PT. Samudera Shipping Services – Surabaya”. JMM17 Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, Vol. 1, No. 1. hal. 43 – 73.

Nazir, Mohd. (1985). Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nirwana. (2004). Prinsip-prinsip Pemasaran Jasa. Dioma, Malang.

Nitisemito, A.S. (1996). Marketing. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Nonto, A.W. (2006, Mei). You are what you invest (60th ed). Majalah Pengusaha.

Nugroho, Ryan dan Edwin Japarianto, 2013. “Pengaruh People, Physical Evidence, Product, Promotion, Price dan Place terhadap Tingkat Kunjungan Di Kafe Cozies Surabaya”. Jurnal Strategi Pemasaran, Vol. 1, No. 2.

Palmer, A. (1998). Principles of service marketing (2nd ed.). England: Mc.GrawHill Publishing Company.

Parkinson, C.N, Rustomji, M.K, & Vieira, W.R. (1991). Jurus-jurus pemasaran. (Hamzah, R., Trans). Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.
Paul, Peter, J., Olson, J.C (2000). Consumer behaviour: Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. (Sihombing, D., Trans). Jakarta: Erlangga.

Ratih Hurriyati, (2005), Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung. Alfabeta.

Shandy, Irfan Afria, 2015. “Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Minimarket Lulumart Di Kota Samarinda”. Ejournal Ilmu Administrasi Bisnis, 2015, Vol. 3 No. 1.

Sibut dan Suwitho. 2016. ”Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Konsumen Minimarket Alfamart Di Surabaya”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 5, No. 1.

Soekresno & Pendit. (2004). Petunjuk praktek pramusaji food & beverage service. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono (2004). Metode penelitian bisnis. Bandung : Alfabeta.

Sulaksono, Agung Joko. 2011. “Pengaruh Physical Evidence Terhadap Loyalitas Konsumen Cafe Rocketz Solo”. Digilib UNS. (digilib.uns.ac.id).

Suptandar, J.P. (1999). Desain interior : Pengantar merencana interior untuk mahasiswa dan arsitektur. Jakarta: Djambatan.

Tjan, Sylvia, 2015. “The Impact of Marketing Mix On Customer Loyalty Towards Plaza Indonesia Shopping Center”. iBuss Management, Vol. 3, No. 2.

Tjiptono, Fandy. (2005) Pemasaran Jasa, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Penerbit : Bayumedia Publishing, Malang.

Tren “ngopi” di mall fenomena yang mengglobal. (2004). Kompas. Retrieved August 29, 2012, from http://adhikusumaputra.wordpress.com.
Wicaksono, Bambang. 2015. “Pengaruh Service Recovery terhadap Kepuasan Konsumen untuk Meningkatkan Minat Guna Jasa Ulang”. E-print Universitas Diponegoro.

Wijaya, Angelique Verona dan Christina Siswanto, 2013. “Analisis pengaruh people, physical, evidence, dan product terhadap keputusan pembelian konsumen di Comedy Kopi Surabaya Town Square
(Sutos)”.
Published
2022-03-31
How to Cite
Eka Putra, I., Asrini, A., & Veronica, D. (2022). PENGARUH DESAIN INTERIOR DAN PENAMPILAN KARYAWAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELI KONSUMEN DINE & CHAT KAFE AND RESTO JAMBI. Develop, 6(1), 47-68. https://doi.org/10.25139/dev.v6i2.4388
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)