Analisis kesenjangan tabungan dan investasi domestik di kawasan ASEAN

  • Asrini Asrini Universitas Muhammadiyah Jambi
  • Etik Winarni Universitas Muhammadiyah Jambi
  • Iwan Ekaputra Universitas Muhammadiyah Jambi
Abstract views: 268 , pdf downloads: 406
Keywords: Kata Kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Inflasi, Jumlah Populasi, Investasi Asing Langsung, dan Kesenjangan Tabungan dan Investasi Domestik di Kawasan ASEAN.

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan kesenjangan tabungan dan investasi domestik di kawasan ASEAN serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesenjangan tabungan dan investasi domestik di kawasan ASEAN periode 2010 – 2020. Penelitian ini menggunakan regresi linear dengan analisis regresi data panel. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) secara simultan terdapat hubungan yang nyata antara variabel bebas pertumbuhan ekonomi, tingkat inflasi, jumlah populasi dan investasi asing langsung terhadap kesenjangan tabungan dan investasi domestik di kawasan ASEAN, (2) secara parsial tingkat inflasi dan jumlah populasi berpengaruh terhadap kesenjangan tabungan dan investasi domestik di kawasan ASEAN, (3) secara parsial pertumbuhan ekonomi dan investasi asing langsung tidak berpengaruh terhadap kesenjangan tabungan dan investasi domestik di kawasan ASEAN.

 

Kata Kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Inflasi, Jumlah Populasi, Investasi Asing Langsung, dan Kesenjangan Tabungan dan Investasi Domestik di Kawasan ASEAN.

References

DAFTAR PUSTAKA
Agus Widarjono. (2009). Ekonometrika pengantar dan aplikasinya. Edisi Ketiga.
EKONISIA: Yogyakarta.
Aya Shopia dan Sri Sulasmiyati. (2018). Pengaruh foreign direct investment, ekspor, dan utang luar negeri terhadap pertumbuhan ekonomi asean (studi pada produk domestik bruto Indonesia, Malaysia, dan Thailand periode tahun 2007
– 2016). Univеrsitas Brawijaya: Malang.
Gujarati, Damodar. (2012). Basic econometric. The McGrow Hill Companies Inc: New York.
International Monetary Fund. (2021). International monetary fund publications.
Jhingan, M. L. 2000. “Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan”, edisi Keenam Belas, Jakarta : Raja Grafindo Persada
Krugman, Paul, Maurice Obstfeld. (2000). International economics theory and policy. Addison wesley publishing company: New York.
Kuncoro, E.A. (2012). Cara menggunakan dan memaknai analisi jalur. Alfabeta: Bandung.
Madura, Jeff dan Roland Fox. (2011). International financial management. Cengange Learning: Boston.
Rudiger Dornbusch, Stanley Fischer, Richard Startz. (1993). Macroeconomics. The McGrow Hill Companies Inc: New York.
Sanuri. (2005). Pinjaman luar negeri pemerintah (loan agreement hingga restrukturisasi). Bank Indonesia: Jakarta.
Sarwedi. (2002). Investasi asing langsung di Indonesia dan faktor yang mempengaruhinya. Jurnal akuntansi dan keuangan.
Sri Nawatmi, Agung Nusantara dan Ali Maskur. (2009). Dampak hutang luar negeri dan pendapatan terhadap kesenjangan tabungan-investasi di Indonesia. Universitas STIKUBANK: Semarang.
Syamsurijal Tan dan Maulidia Imastary Tan. (2014). Ilmu ekonomi internasional II. Keuangan dan manajemen internasional. Fakultas ekonomi dan bisnis. Universitas Jambi: Jambi.
Todaro, M.P. dan S.C. Smith. (2006). Pembangunan ekonomi Jilid 1. haris munandar [penerjemah]. Erlangga: Jakarta.
World Bank. (2021). World bank Economic Database.
Yuniasih, Aisyah Fitri. (2011). Analisis pengaruh foreign direct investment (FDI) terhadap pertumbuhan ekonomi negara ASEAN Tahun 1980-2009. Universitas Brawijaya: Malang.
Published
2023-04-03
How to Cite
Asrini, A., Winarni, E., & Ekaputra, I. (2023). Analisis kesenjangan tabungan dan investasi domestik di kawasan ASEAN. Develop, 7(1), 62-77. https://doi.org/10.25139/dev.v7i1.6053
Section
Articles