HAK MILIK ATAS SATUAN RUMAH SUSUN (HMSRS) SEBAGAI OBJEK JAMINAN DALAM HAK TANGGUNGAN

  • Zawalliyanah lIsnaini
Abstract views: 235 , PDF downloads: 324
Keywords: Hak Milik Atas Satuan Rumah susun, Hak Tanggungan

Abstract

Hak milik atas satuan rumah susun merupakan hak kebendaan yang memberikan pemilikan perseorangan atas satuan-satuan rumah susun yang digunakan secara terpisah, hak bersama atas bagian-bagian dari bangunan rumah susun, hak bersama atas benda-benda dan hak bersama atas tanah. Setiap pemegang sertifikat hak milik atas satuan rumah susun dapat mengajukan permohonan kredit pada bank menjadikan sertifikat hak milik atas satuan rumah susun sebagai objek jaminan untuk kredit dan diikat dengan Hak Tanggungan. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji mengenai dimungkinkannya rumah susun menjadi objek jaminan. Untuk itu penelitian dan tulisan ini dibuat dan disusun dengan metode penelitian hukum normatif yang menggunakan analisis normatif kualitatif dengan  bersumber dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder terkait dengan hak milik atas satuan rumah susun sebagai objek jaminan dalam Hak Tanggungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan undang-undang (statute approach) yang dilakukan dengan menelaah beberapa peraturan perundang-undangan dan regulasi lainnya yang bersangkut paut dengan ketentuan dan aturan mengenai hak milik atas satuan rumah susun sebagai objek jaminan dalam hak tanggungan, pendekatan konseptual (conceptual approach), pendekatan yang dilakukan dengan beranjak dari pandangan-pandangan dan doktrin-doktrin yang berkembang dalam ilmu hukum, konsep-konsep hukum dan asas-asas hukum yang relevan dengan ketentuan dan aturan mengenai hak milik atas satuan rumah susun sebagai objek jaminan dalam hak tanggungan.

Keywords: Hak Milik Atas Satuan Rumah susun, Hak Tanggungan

References

Alif, M. Rizal, Analisis Kepemilikan Hak Atas Tanah Satuan Rumah Susun Dalam Kerangka Hukum Benda, Nuansa Aulia, Bandung, 2009.
Harsono, Boedi, Sejarah Pembentukan Undang-Undang Pokok Agraria, lsi dan
Pelaksanaannya, Djambatan, Jakarta, 2005.
Hernoko, Agus Yudha, Hukum Perjanjian (Asas Proporsionalitas Dalam Kontrak Komersial), Edisi Pertama Maret, Kencana pernada media group, Jakarta, 2010.
HS, H. Salim, Perkembangan Hukum Jaminan di Indonesia, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2017.
Lubis, Muhammad Yamin, Abdul Rahim Lubis, Kepemilikan Properti Di Indonesia Termasuk Kepemilikan Rumah Oleh Orang Asing, Mandar Maju, Bandung, 2013.
Poesoko, Herowati, Inkonsistensi, Konflik Norma dan Kesesatan Dalam UUHT, LaksBang PRESSindo, Yogyakarta, 2007.
Sutedi, Adrian, Implikasi Hak Tanggungan terhadap Pemberian Kredit oleh Bank dan Penyelesaian Kredit oleh Bank dan Penyelesaian Kredit Bermasalah, Bp. Cipta Jaya, Jakarta, 2006.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2011 tentang Rumah Susun;
Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1996 tentang Hak Tanggungan;
Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria;
Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2019 tentang Pelayanan Hak Tanggungan Terintegrasi Secara Elektronik.
Published
2021-01-04