Customer Relationship Management Menggunakan Metode Naivebayes Classifier pada PT.XYZ

  • Novis Haryanto Haryanto Universitas Dr. Soetomo
  • Achmad Choiron Universitas Dr.Soetomo
  • Alda Raharja Universitas Dr.Soetomo
  • Pamudi Universitas Dr.Soetomo
Abstract views: 54 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 49

Abstract

Di era digital saat ini kemudahan penyimpanan data dan akses data menjadi sesuatu yang sangat penting. Data yang diterima oleh perusahaan, diolah menjadi informasi sehingga menjadi pengetahuan yang dapat digunakan untuk perencanaan, pengambilan keputusan, monitoring, dan evaluasi. Merancang aplikasi customer relationship management berbasis web yang mampu memberikan informasi terkait kinerja pelayanan terbaik terhadap konsumen. Menyediakan informasi yang lengkap guna mempertahankan hubungan baik antara perusahaan dengan pelanggan yang telah ada. Bayesian classification adalah pengklasifikasian statistik yang dapat digunakan untuk memprediski probabilitas keanggotaan suatu class. Bayesian classification didasarkan pada teorema Naive Bayes. Penilaian responden terhadap uji penerimaan sistem aplikasi customer relationship manajement terbaik didapatkan persentase kategori penilaian SB sebanyak 34%, B sebanyak 48%, C sebanyak 14%, K sebanyak 4% dan SK sebanyak 0%. Selain itu, metode Naive Bayes yang digunakan mencapai akurasi sebesar 85%.

References

C.Romeroand S.Ventura, "Educational Data Mining: A Review of the State of the art," IEEE Transactionson Systems Man and Cybernetics Part C,vol.40, no.6, pp. 601-618, 2010.

B.Y.Setyaleksana," PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT ( CRM ) TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN ( Survei pada Pelanggan GraPARI Telkomsel di Kota Malang )”, J. Adm. Bisnis, vol. 46, no. 1, pp. 45–51, 2017.

Q. J. A. Mara Destiningrum1), "SISTEM INFORMASI PENJADWALAN DOKTER BERBASSIS WEB," Jurnal TEKNOINFO,2017.

J. Eka Miranda," DATA MINING DENGAN METODE KLASIFIKASI NAÏVE BAYES UNTUK MENGKLASIFIKASIKAN PELANGGAN", Program Sistem Informasi, Program Studi Sistem Informasi, Universitas Bina Nusantara, Juni 2018.

H.Annur," Klasifikasi Masyarakat Miskin Menggunakan Metode Naive Bayes." ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 10, no. 2, pp. 160-165, 2018.

S.S.A.A.WendyAndriyan,"PERANCANGAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA INFORMASI", Jurnal Teknologi Terpadu, 2020.

R.S.Nirsal,"DESAIN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN BERBASISE-LEARNING,"Jurnal Ilmiah d’Computare Volume, 2020.

M.A.S.Asep Hendri,"Sistem informasi pelaksanaan kegiatan komisi kepolisian nasional berbasis desktop,"Jurnal Computer Science and InformationTechnology, 2021.

Adi.N,Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java, Yogyakarta:ANDI, 2009.

R.Witanto1),"PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU,"Jurnal Infotronik, vol.1,p.63, 2016.

R. N. Santoso1*, "Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut),"Jurnal Integrasi,Vols.Vol.9 No.1,,pp.84-91, 2017.

R.BakerandK.Yacef,"TheState of Educational Data Mining in 2009 : Areview and future Visions," Journal of Educational DataMining,vol.1, no.1, 2009.

Nugroho, Rekayasa perangkat lunak menggunakan Uml dan java, Yogyakarta : CV Andi, 2009.

R.W.Hanhan Hanafiah Solihin, "PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU BERBASIS WEB (STUDIKASUS:SMP PLUS BABUS SALAM BANDUNG), "JurnalInfotronik,vol.1, pp.54-63,2016.

Published
2023-09-30
How to Cite
Haryanto, N. H., Choiron, A., Raharja, A., & Pamudi. (2023). Customer Relationship Management Menggunakan Metode Naivebayes Classifier pada PT.XYZ. Jurnal Ilmiah Terapan, Sains Dan Teknologi (JITSI), 1(2), 104-110. https://doi.org/10.25139/jitsi.v1i2.6089
Section
Articles