Sistem Adaptive Traffic Light Berbasis Mikrokontroler Menggunakan Metode Min-Max

  • achmad iswahyudi Universitas Dr.Soetomo Surabaya
  • Yudi Kristyawan Universitas Dr.Soetomo
  • Pamudi Universitas Dr.Soetomo
  • Anggit Wikanungrum Universitas Dr.Soetomo
  • Budi Santoso Universitas Dr.Soetomo
Abstrak views: 85 , PDF downloads: 80
Kata Kunci: Adaptive Traffic Light; Min-Max; ATMega 2560; Prototype; Notifikasi Telegram Bot

Abstrak

Traffic Light  merupakan perangkat yang digunakan untuk mengatur pergantian laju kendaraan di suatu persimpangan jalan dengan secara bergantian agar lalu lintas dapat berjalan tertib. Kepadatan lalu lintas kendaraan pada setiap harinya sangat bervariasi. Solusi bagi pengguna jalan terutama saat di persimpangan sangat diperlukan untuk mengurangi kemacetan yang timbul. Pada penelitian ini dibuat sistem Adaptive Traffic Light dengan menggunakan metode Min-Max dan pengiriman notifikasi via Telegram Bot dan via SMS. Penerapan metode dapat memberikan waktu tunggu yang sesuai dengan melihat kondisi kepadatan antrian. Serta dengan adanya pengiriman notifikasi via Telegram Bot dan via SMS dapat membantu petugas lalu lintas untuk mendapatkan informasi terkait kepadatan lalu lintas. Hasil pengujian yang dilakukan penulis dengan metode Min-Max dilakukan sebanyak 20 kali dengan 4 class yang berbeda mampu mendapatkan nilai keakurasian 85% dengan kepresisian 96%.

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Program Studi Teknik Informatika - Fakultas Teknik

##submission.authorWithAffiliation##

Program Studi Teknik Informatika - Fakultas Teknik

##submission.authorWithAffiliation##

Program Studi Teknik Informatika - Fakultas Teknik

##submission.authorWithAffiliation##

Program Studi Teknik Informatika - Fakultas Teknik

Referensi

E. Nurhidayat, A. I. Septiana, A. N. Putra, A. S. and D. I. Saputra, "Desain Sistem Kontrol Traffic Light Adaptif pada Empat Persimpangan Berbasis PLC Omron CP1E," Jurnal Otomasi Kontrol dan Instrumentasi, vol. 10, 2018.

Z. T. and O. , "DESAIN SISTEM KONTROL TRAFFIC LIGHT ADAPTIF PADA PERSIMPANGAN EMPAT BERBASIS PLC SIEMENS," Jurnal Nasional Teknik Elektro, vol. 4, pp. 94-100, Maret 2015

H. L. M. F. and P. , "PERANCANGAN ALAT TIMER TRAFFIC LIGHT MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ATMEGA 8535 BERDASARKAN ANTRIAN JUMLAH KENDARAAN," PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, vol. 5, Maret 2018.

P. "PENGENDALIAN KEMACETAN KENDARAAN PADA TRAFFIC LIGHT MENGGUNAKAN ATMEGA8535," Jurnal Teknologi dan Open Source, vol. 2, pp. 34-40, Juni 2019.

F. Umam and A. Basuki, Pengaplikasian Microsoft Excel Pada Dunia Kerja, Malang, Jawa Timur: Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2022, p. 35.

R. "Pelatihan Pengolahan Data Administrasi Pekantoran Menggunakan Aplikasi Microsoft Excel Pada Balai Desa Pinanggripan Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan," Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, vol. 2, pp. 107-114, Juli 2019.

Diterbitkan
2023-08-31
Bagian
Articles