Digital Marketing dan Ragam Produk pada Minat Beli Konsumen Toko Online Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Angkatan 2016)

Andrian SE,MM

Abstract


            Digital Marketing adalah  merupakan suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas, sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan. Keragaman produk merupakan kumpulan seluruh produk dan barang yang ditawarkan penjual tertentu kepada pembeli. Sedangkan minat beli timbul setelah adanya proses evaluasi alternatif dan di dalam proses evaluasi, seseorang akan membuat suatu rangkaian pilihan mengenai produk yang hendak dibeli atas dasar merek maupun minat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga, yaitu Digital Marketing (X1), Ragam Produk (X2), dan Minat Beli (Y). Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner ke sejumlah mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan metode SPSS versi 22. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa variabel Digital Marketing dan Ragam Produk mempunyai pengaruh yang signifikan pada variabel Minat Beli sebesar 23,8%.

The Impact of Digital Marketing and Product Variety towards Purchasing Interest in Online Store Shopee (Case Study to Students of Class of 2016 Management Department Faculty of Economic University of Bhayangkara Jakarta Raya)

Abstract

            Digital Marketing is an activity of marketing or promoting a brand or product using digital media or the internet. The purpose of digital marketing is to attract consumers and prospective consumers quickly. As we know, the acceptance of technology and the internet in the community is very broad, so it is not surprising that digital marketing activities are made the top choice by companies. Product diversity is a collection of all products and goods offered by certain sellers to buyers. Whereas buying interest arises after the existence of an alternative evaluation process and in the evaluation process, someone will make a series of choices regarding the product to be purchased on the basis of brand and interest. This research uses explanatory research with a quantitative approach. There are three variables used in this research, namely the Digital Marketing (X1), Product Variety (X2), and Purchase Interest (Y). Data collection is obtained through questionnaires distributed to several students of the  Class of 2016 Management Department, Faculty of Economics, University of Bhayangkara Jakarta Raya. The sample used in this research amounted to 100 respondents. The sampling technique used is purposive sampling. Data analysis used is descriptive analysis and multiple linear regression analysis with SPSS version 22. This research produces the final conclusion that the Digital Marketing variable and Product Variety have a significant effect on the Purchase Interest variable as 23.8%.


Keywords


digital marketing;minat beli;ragam produk; digital marketing;purchase interest;variety product

Full Text:

PDF

References


Bains, P., Fill, C. and Page, K. (2011). Marketing. Oxford University Press.

Durianto, D., Darmadi, Sugiarto, & Sitinjak, T. (2001). Strategi Menaklukan Pasar melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama. https://doi.org/10.1126/science.213.4504.214

Julianti, N. L., Nuridja, M., & Meitriana, M. A. (2014). Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toserbanusa Dua Permai. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/4119

Kotler, Philip, D. (2000). Manajemen Pemasaran dengan pemasaran efektikf dan Pofitable. In cetakan Kedua, Gramedia Pusat Utama, Jakarta. https://doi.org/10.1108/00251749110004961

Kotler, P. (2011). Reinventing Marketing to Manage the Environmental Imperative. Journal of Marketing, 75(4), 132–135. https://doi.org/10.1509/jmkg.75.4.132

Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Kotler & Armstrong, Principles of Marketing | Pearson. Retrieved from https://www.pearson.com/us/higher-education/product/Kotler-Principles-of-Marketing-13th-Edition/9780136079415.html

Kotler, P., Calder, B. J., Malthouse, E. C., & Korsten, P. J. (2012). The Gap Between the Vision for Marketing and Reality. MIT Sloan Management Review, 54(1), 13–14. Retrieved from http://search.proquest.com/docview/1115277730?accountid=46437

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen pemasaran Jilid 1. Jakarta: Indeks (Vol. 1).

Kotler Philip. (2002). Manajemen Pmasaran. Manajemen Pemasaran.

Saveria, R. A. (2016). Analisis Digital Marketing Dalam Strategi Integrated Marketing Communication Kampanye Politik: Studi Kasus Komunitas Teman Ahok. Retrieved from http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2016-12/20434541-MK-Rachael Abigail Saveria.pdf

Stanton, W. J. (1996). Prinsip Pemasaran (terjemahan). Edisi 7, Jilid 1. https://doi.org/10.1051/limn/2011044

sugiyono. (2007). Total sampling. Retrieved from http://pengertiantotalsampling.com

Tjiptono Fandy. (2000). Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Andi , 73(6), 110. https://doi.org/10.1016/j.clinph.2015.04.075




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/ekt.v3i1.1430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :

Creative Commons License
Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My State :