Perbedaan Prestasi Akademik Mahasiswa Berdasarkan Nilai Tes Masuk dan Latar Belakang Pendidikan

Abstract views: 374 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 696

Abstract

Dalam penelitian ini dicari perbedaan prestasi akademik mahasiswa berdasarkan nilai tes masuk dan latar belakang pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah responden 37 lulusan Pendidikan Matematika STKIP PGRI Situbondo yang merupakan lulusan pertama dan kedua (mahasiswa reguler angkatan 2014 dan 2015). Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan parametrik. Selanjutnya dilakukan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji homogenitas Levene’s test. Uji beda dilakukan dengan menggunakan Anova dua arah. Hasil yang diperoleh adalah data prestasi belajar normal dengan nilai Sig. 2,00>0,05 dan homogen dengan nilai Sig. 0,119> 0,05. Terdapat perbedaan prestasi akademik berdasarkan nilai tes masuk yang ditunjukkan dengan nilai Sig. 0,000<0,05. Terdapat perbedaan prestasi akademik berdasarkan latar belakang pendidikan dengan nilai Sig. 0,000<0,05. Terdapat interaksi antara nilai tes masuk dan latar belakang pendidikan dengan nilai Sig. 0,008<0,05. Uji post-hoc dilakukan dengan menggunakan metode Fisher atau Least Square Differences (LSD). Hasilnya menunjukkan terdapat perbedaan prestasi akademik antara mahasiswa dengan nilai tes masuk sangat baik dan baik, sangat baik dan cukup, serta baik dan cukup. Sedangkan berdasarkan latar belakang pendidikan, lulusan SMA dan SMK serta lulusan MA dan SMK mempunyai prestasi akademik berbeda, tetapi lulusan SMA dan MA tidak mempunyai perbedaan prestasi akademik. Oleh karena itu, dalam penerimaan mahasiswa baru perlu dilakukan secara lebih selektif dengan mempertimbangkan nilai tes masuk dan latar belakang pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Darsih Idayani, STKIP PGRI Situbondo

Department of Mathematics Education

References

[1] T. Octavira, Y. S. Prabandari, dan T. N. Kristina, “Tes Seleksi Mahasiswa Baru Sebagai Prediktor Terhadap Prestasi Akademik”, Jurnal Tunas Medika, Vol. 3 No. 1, 2016.
[2] A. Yuliawan, “Hubungan antara Motivasi Belajar dan Latar Belakang Pendidikan dengan Prestasi Belajar Mahasiswa”, Jurnal Profesi (Profesional Islam), Vol. 14 No. 1, pp.15-24, 2016.
[3] D. Idayani, “Pengaruh Nilai UN, Latar Belakang Pendidikan, dan Waktu Tunggu Mahasiswa Baru Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Situbondo Terhadap IP Semester 1”, Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya, pp. 393 – 411, 2017.
[4] Priyougie, A. Haq, dan S. Iriawan, “Analisis Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Berdasarkan Seleksi Masuk Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin”, Jurnal Intekna: Informasi Teknik dan Niaga, Vol. 19 No. 1, pp. 53-59, 2019.
[5] H. C. Thode Jr., “Testing for Normality”. Marcel Dekker, Inc. New York, 2002.
[6] A. C. Elliot dan W. A. Woodward, “Statistical Analysis Quick Reference Guidebook: with SPSS Example”, Sage Publications, London, 2007.
[7] N. M. Razali dan B. W. Yap, “Power Comparison of Shapiro-Wilk, Kolmogorov-Smirnov, Liliefors, and Anderson-Darling Test”, Journal of Statistical Modeling and Analytics, Vol. 2 No. 1, pp. 21-33, 2011.
[8] O. S. Balogu, T. J. Akingbade, dan P. Oguntunde, “An Assessment of The Performance of Discriminant Analysis and The Logistic Regression Methods in Classification of Mode of Delivery of An Expectant Mother”, Journal of Mathematical Theory and Modeling, Vo. 5 No, 5, pp. 147-154, 2015.
[9] D. G. Garson, “Testing Statistical Assumption”, Statistical Associates Publishing, North Carolina State University, 2012.
[10] M. F. Quadratullah, “Statistika Terapan: Teori, Contoh Kasus, dan Aplikasi dengan SPSS”, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2014.
[11] Wahyudin dan J. A. Dahlan, “Statistika Pendidikan”, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, 2016.
[12] Sugiyono, “Statistika untuk Penelitian”, Afabeta, Bandung, 2017.
Published
2020-07-28
Section
Articles