Analisis Faktor Penyebab Kesalahan Siswa dengan Kepribadian Introvert dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tahapan Polya

  • Esty Saraswati Nur Hartiningrum STKIP PGRI Jombang
  • Edy Setiyo Utomo STKIP PGRI Jombang
  • Nuraika Meyke Listyanti SMP Pancasila Mojowarno
Abstract views: 667 , PDF downloads: 1006

Abstract

Abstract

Teachers must know the errors and factors that cause errors made by students. Different personality types will also differ students' ways of thinking. The purpose of this research is to describe an errors and the factors that cause errors by introverted personality students. This type of research  is a qualitative study, the research subject is 1 Pancasila Middle School student chosen purposively. This research uses time triangulation. The results of this study is  the mistakes made by subjects based on Polya's procedure  the subjects make mistakes when arranging plans because they do not know the formulas used, because introvet subjects interpret them subjectively. The subject, made a mistake when carrying out the plan that resulted in the end result obtained wrongly because the subject forgot the calculation rules used. Making a mistake in the final stage of checking back due to the mindset of the subject who thinks based on objective data so that everything that he thinks is correct will be correct

 

Keywords: Error Analysis, Introverted Personality, Solving Mathematica Problems, Polya Stages.

 

Abstrak

Pendidik harus mengetahui letak kesalahan dan faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Tipe kepribadian yang berbeda akan berbeda pula cara berpikir siswa. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai letak kesalahan dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa kepribadian introvert. Jenis penelitian yang dipilih peneliti adalah penelitian kualitatif, subjek penelitian 1 siswa SMP Pancasila yang dipilih secara purposive. Penelitian ini menggunakan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Letak kesalahan yang dilakukan subjek berdasarkan prosedur Polya yaitu subjek melakukan kesalahan saat mnyusun rencan karena tidak tahu rumus yang digunakan, karena subjek introvet memaknai secara subjectif. Subjek, melakukan kesalahan saat melaksanakan rencana yang mengakibatkan hasil akhir yang diperoleh salah yaitu dikarenakan subjek lupa aturan perhitungan yang digunakan. Melakukan kesalahan pada tahap akhir memeriksa kembali dikarenakan pola pikir subjek yang berfikir berdasarkan data objektif sehingga semua yang menurut pemikirannya benar maka akan benar

Kata kunci : Analisis Kesalahan, Kepribadian Introvert, Memecahkan Masalah Matematika, Tahapan Polya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] E. Suherman, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI, 2011.

[2] I. M. Wena, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

[3] Kamus Besar Bahasa Indonesia Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2011.

[4] Z. Abidin, Intuisi Dalam Pembelajaran Matematika (Konstruksi Pemecahan Masalah Divergen dengan Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent), 1st ed. Jakarta: Lentera Ilmu, 2015.

[5] G. Polya, How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. Princeton University Press.

[6] Munawaroh and E. L. Resta, “Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaian Soal Cerita Pada Materi Himpunan,” J. Pendidik. Mat. RAFA, vol. 4, no. 2, pp. 105–114, 2018.

[7] M. J. D. Sunarto, “The Thinking Process Profil The Students of Informatics System Departement in Solving The Mathematics Problem Based on The Personality Type and Gender.” [Online]. Available: http://sir.stikom.edu/id/eprint/20/1/the thinking process profile.pdf. [Accessed: 24-Jan-2019].

[8] A. Sujanto, H. Lubis, and T. Hadi, Psikologi Kepribadian, 11th ed. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

[9] S. Suryabrata, Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo, 2019.

[10] L. Widayanti, “Deskripsi Level Kemampuan Siswa SMP Dengan Tipe Kepribadian Cenderung Introvert Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika,” J. Edukasi Kaji. Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 83–94, 2016.

[11] B. S. B. Rindyana and T. D. Chandra, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita MAtematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Analisis Newman (Studi Kasus MAN Malang 2 Batu),” Artik. Ilm. Univ. Negeri Malang, vol. 1, no. 2, 2012.

[12] R. Handican and R. E. Safitri, “Kesalahan Siswa Tipe Kepribadian Thinking dan Feeling dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear,” in Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2017, pp. PM611–PM618.

[13] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.
Published
2020-11-04
Section
Articles