Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition
Abstract
Abstract
This study aimed to determine the students' creative thinking ability through the Auditory Intellectually Repetition (AIR) cooperative learning model in the Arithmetic Series material in the X Science class of Public Senior High School 2 PEUSANGAN. The population in this study were all students of class X Science at Public senior High School 2 PEUSANGAN, Bireuen Regency with research samples was class X IPA 4 as experimental class I, and X IPA 3 as experimental class II, with the total number of students, were 35 for each class which was selected by using purposive sampling. Data analysis was carried out through a quantitative descriptive. To find out the difference in the average, it was used two-sample- t-test. The results of the study by testing the hypothesis using the t-test at a significant level of α = 0.05 obtained t_count> t table, namely 1.70> 1.67, so it was concluded that students' creative thinking ability through Auditory Intellectually Repetition (AIR) cooperative learning model was better rather than students' creative thinking skills through Expository learning models.
Keywords: Creative Thinking Ability; AIR Cooperative Model; Expository Learning
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa melalui model pembelajaran kooperatif Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada materi Barisan dan Deret Aritmetika di kelas X IPA SMA Negeri 2 Peusangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Peusangan Kabupaten Bireuen dengan sampel penelitian kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen I, dan X IPA 3 sebagai kelas eksperimen II, dengan jumlah 35 siswa untuk masing-masing kelas yang dipilih secara purposive sampling. Analisis data dilakukan secara kuantitatif deskriptif. Untuk mengetahui perbedaan rerata digunakan uji t dua sampel. Hasil penelitian dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikan α=0,05 diperoleh , yaitu sehingga diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa melalui model pembelajaran kooperatif Auditory Intellectually Repetition (AIR) lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif siswa melalui model pembelajaran ekspositori.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif; Model Kooperatif AIR; Model Ekspositori
Downloads
References
[2] E. Saputra, K. Ulya, S. Wahyuni, E. Rahmadhani, and H. Hakim, “Media application in anchored instruction to support mathematics teachers’ pedagogical content knowledge,” in Journal of Physics: Conference Series, 2020, vol. 1460, no. 1, p. 12042.
[3] “Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif | Live Love Laugh….” .
[4] C. Sa’dijah, “Kepekaan Bilangan Siswa SMP Melalui Pembelajaran Matematika Kontekstual Yang Mengintegrasikan Keterampilan Berpikir Kreatif,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Univ. Negeri Malang, vol. 20, no. 2, pp. 222–227, 2013.
[5] E. Suriany, S. Negeri, P. Besar, and K. Bangka, “PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN MATH-TALK LEARNING COMMUNITY,” Indones. Digit. J. Math. Educ., vol. 3, 2016.
[6] U. Munandar, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, (Jakarta: Rineka Cipta,1999)h,6 16 14. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
[7] Siswono, “Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika,” J. Ilmu Pendidik., pp. 1–14, 2006.
[8] E. Saputra, Wahyudin, and J. A. Dahlan, “The enhancement of spatial levels reviewed from students’ cognitive styles,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1028, no. 1, p. 012093, Jun. 2018.
[9] A. Suprijono, Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR, 2012.
[10] Rahmah Johar, Model-model Pembelajaran dan Media Pembelajaran Matematika. Banda Aceh: Unsyiah Press, 2009.
[11] H. Mustika and N. Kinanti, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Di Kelas Viii Smp Negeri 1 Pasir Penyu,” MES J. Math. Educ. Sci., vol. 3, no. 2, pp. 153–158, 2018.
[12] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&DSugiyono. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D.” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. https://doi.org/10.1. Bandung: Alfabeta, 2013.
[13] R. Sundayana, Statistika Penelitian Pendidikan Cetakan ke-2. Garut: Garut Press, 2015.
[14] S. Arikunto, PROSEDUR PENELITIANSuatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
[15] D. Mardhiyana and E. O. W. Sejati, “Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah,” Prism. Pros. Semin. Nas. Mat., pp. 672–688, 2016.
[16] Y. Febrianti, Y. Djahir, and S. Fatimah, “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik dengan Memanfaatkan Lingkungan pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 6 Palembang,” J. Profit, vol. 3, no. 1, pp. 121–127, 2016.
[17] R. Astuti, W. Anggraini, and F. Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung, “Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 01 (2) (2018) 1-12 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KEMAGNETAN KELAS IX SMP N 1 PENENGAHAN LAMPUNG SELATAN,” Indones. J. Sci. Math. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 97–108, Jul. 2018.