PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY , INTELLECTUALY, REPETITION) DAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS XI IPA SMA BUDI UTOMO JOMBANG

  • Bambang Purnomo FKIP Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 426 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1352

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah melihat efektivitas penerapan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) dan Model Pembelajaran Course Review Horaydalam meningkatkan pemahaman konsep matematika bagi siswa SMA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika yang menyebabkan minat belajar siswa juga  sangat rendah dalam pelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode gabungan penelitian eksperimen dan penelitian deskriptif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Only Design. Dari analisis data yang dilakukan terlihat bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep matematika setelah menerapkan model pembelajaran AIR dan Model Pembelajaran Course Review Horay.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Nasution, Syaiful. 2000. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Sadirman, A.M. 2003. Interaksi dan Motivasi Dalam Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Roskadarya
Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung:FMIPA UPI
Sukardi. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Syafriandi. 2001. Analisis Statistika Inferensial Dengan Menggunakan Minitab. Padang: FMIPA UNP
Meier, Dave.2005. The accelarate Learning Handbook (terjemahan). Bandung:Kaifa, PT MIzan Pustaka
Prawironegoro, Praktikyo. 1985. Evaluasi Hasil Belajar Khusus Analisi Soal Bidang Studi Matematika. Jakarta : Dept P & K Dirjen Dikti PPLPTK
Published
2018-03-30
Section
Articles