Keefektifan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

  • Rahma Rahma UIN Alauddin Makassar
  • Andi Dian Angriani UIN Alauddin Makassar
  • Fitriani Nur UIN Alauddin Makassar
  • Suharti Suharti UIN Alauddin Makassar
  • M. Yusuf Tahir UIN Alauddin Makassar
Abstract views: 137 , 3784 publish downloads: 68

Abstract

Abstract

This study discusses the problem of the effectiveness of Problem Based Learning (PBL) on students’ mathematics learning outcomes to see the differences in learning outcomes of those who learn and without applying the model of Problem Based Learning (PBL). This research is a quasi-experiment, the nonequivalent pretest-posttest control group design. The population is all class VIII students at MTs Madani Alauddin with a sample of class VIIIA (so the experimental class) and also class VIIIB (so the control class). The instrument applied was an essay test which was then analyzed descriptively as well as inferential. The results of the descriptive posttest calculation showed that student learning outcomes with the PBL model were higher than those who did not apply PBL. Inferential statistical analysis shows that there is a fairly strict difference between learning and the PBL model and not. In this study, using the PBL model can help students develop their knowledge and understand mathematical problems related to everyday life.Keywords: Learning Outcomes, Learning Model, Problem Based Learning

 

Abstrak

Penelitian ini membahas terkait efektifnya model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa dengan maksud melihat perbedaan antara hasil belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran PBL dan siswa yang belajar tanpa menggunakan PBL. Penelitian ini termasuk dalam jenis quasi experiment, dengan desain penelitian berupa the nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini ialah semua siswa kelas VIII di MTs Madani Alauddin dengan sampel kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan ialah test bentuk essay yang kemudian dianalisis secara deskriptif dan juga inferensial. Dari hasil perhitungan posttest secara deskriptif, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan mengaplikasikan model PBL lebih tinggi dari hasil belajar yang tidak mengaplikasikan PBL. Analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa ada perbedaan yang cukup ketat antara pembelajaran dengan mengaplikasikan model PBL dan yang tidak mengaplikasikan PBL. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa pembelajaran menggunakan model PBL dapat membantu siswa mengembangkan pengetahuannya serta memahami masalah-masalah matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Problem Based Learning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hardianto and M. R. Baharuddin, “Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar,” CJPE Cokroaminoto J. Prim. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 27–33, 2019.

R. Richardo, “Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika,” Almaata.Ac.Id, vol. 7, no. 2, pp. 118–125, 2016.

C. E. Parasamya and A. Wahyuni, “Upaya peningkatan hasil belajar fisika siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl),” J. Ilm. Mhs. Pendidik. Fis., vol. 2, no. 1, pp. 42–49, 2017.

M. Tohir, “KELAS MATEMATIKA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 MAKE STUDENTS ACTIV IN MATHEMATICS LEARNING BASED ON CURICULUM 2013,” in Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya, 2016, pp. 249–263.

S. Jayanta, Somakim, and N. Kesumawati, “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions ( STAD ) Terhadap Kemampyan Koneksi Matematis,” J. Edumath, vol. 6, no. 1, pp. 8–18, 2020.

M. Azizah, J. Sulianto, and N. Cintang, “ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KURIKULUM 2013,” J. Penelit. Pendidik., vol. 35, no. 1, pp. 61–70, 2018.

A. Ardilla and S. Hartanto, “Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar matematika siswa mts iskandar muda batam,” PYTHAGORAS J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 2, pp. 175–186, 2020.

A. N. Asriningtyas, F. Kristin, and I. Anugraheni, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD Anastasia,” J. Karya Pendidik. Mat., vol. 5, no. April, pp. 23–32, 2018.

D. K. Putri, J. Sulianto, and M. Azizah, “Kemampuan Penalaran Matematis Ditijau dari Kemampuan Pemecahan Masalah,” Int. J. Elem. Educ., vol. 3, no. 3, pp. 351–357, 2019, doi: http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497.

Sulistiyani, “Pengaruh Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar,” SAP (Susunan Artik. Pendidikan), vol. 2, no. 2, pp. 140–145, 2017.

W. Batidas, C. S. Ayal, and H. Tamalene, “PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI PECAHAN YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL,” J. Pendidik. Mat. Jargaria, vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2020.

Zulyadaini, “Perbandingan Hasil Belajar Matematika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop dengan Konvensional,” J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 16, no. 1, pp. 153–158, 2016.

H. Prasetyo, “Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS,” J. Pedagog., vol. 3, no. 2, pp. 111–117, 2020, doi: https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367.

T. Djonomiarjo, “Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar,” Aksara J. Ilmu Pendidik. Nonform., vol. 5, no. 1, pp. 39–46, 2019.

A. Khoirunnisak and I. Rizkianto, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Yang Mengacu Pada Learning Trajectory dan Berorientasi Pada Kemampuan Justifikasi Matematis Siswa,” JPMI J. Pembelajaran Mat. Inov., vol. 3, no. 2, pp. 123–136, 2020, doi: 10.22460/jpmi.v3i1.p123-136.

M. C. Janah and A. T. Widodo, “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains,” J. Inov. Pendidik. Kim., vol. 12, no. 1, pp. 2097–2107, 2018.

S. Inganah, Y. M. Cholily, M. Taufik, and S. K. Ummah, “Peningkatan Koneksi Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Di Man I Malang,” vol. 4, no. November, pp. 151–159, 2018, doi: https://doi.org/10.22219/jinop.v4i2.5003.

P. A. E. M. Yasa and W. Bhoke, “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SD,” J. Educ. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 70–75, 2018.

M. R. Lestari, Kurnia Eka; Yudhanegara, Penelitian Pendidikan Matematika, II. Bandung: Refika Aditama, 2015.

R. Amalia, Hardani, and Yusniar, “Penerapan Problem Based Learning yang Dipadukan dengan Model Team Games Tournament untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Negeri 1 Langsa,” J. Basic Educ. Stud., vol. 1, no. 1, pp. 15–25, 2018.

M. Nurtanto, M. Fawaid, and H. Sofyan, “Problem Based Learning (PBL) in Industry 4.0: Improving Learning Quality through Character-Based Literacy Learning and Life Career Skill (LL-LCS),” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1537, pp. 1–10, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1573/1/012006.

R. Hartati, “Peningkatan Aspek Sikap Literasi Sains Siswa SMP melalui Penerapan Model Problem Based Learning pada Pmbelajaran IPA Terpadu,” EDUSAINS, vol. 8, no. 1, pp. 90–97, 2016.

S. Handayani and N. Mandasari, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika,” J. Pendidik. Mat. Judika Educ., vol. 1, no. 2, pp. 144–151, 2018.

S. Arifin, Kartono, and I. Hidayah, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Model Problem Based Learning disertai Remedial Teaching,” EduMa, vol. 8, no. 1, pp. 85–97, 2019.

C. Y. Eviyanti, E. Surya, E. Syahputra, and M. Simbolon, “Improving the Students’ Mathematical Problem Solving Ability by Applying Problem Based Learning Model in VII Grade at SMPN 1 Banda Aceh Indonesia,” Int. J. Nov. Res. Educ. Learn., vol. 4, no. 2, pp. 138–144, 2017.

S. Yulia, Buyung, and Relawati, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bilangan di Kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi,” J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 61–70, 2018.

R. M. Situmorang, Muhibbuddin, and Khairil, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Manusia,” J. EduBio Trop., vol. 3, no. 2, pp. 87–90, 2015.

H. Hendriana, T. Johanto, and U. Sumarmo, “The Role of Problem-Based Learning to Improve Students’ Mathematical Problem-Solving Ability and Self Confidence,” J. Math. Educ., vol. 9, no. 2, pp. 291–300, 2018.

A. Dzulfikar, M. Asikin, and P. Hendikawati, “Keefektifan Problem Based Learning dan Model Eliciting Activities terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah,” Unnes J. Math. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2012, doi: https://doi.org/10.15294/ujme.v1i1.252.

S. D. Aji, M. N. Hudha, and A. Y. Rismawati, “Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika,” Sci. Educ. J., vol. 1, no. 1, pp. 36–51, 2017, doi: 10.21070/sej.v1i1.830.

N. T. Fadilah and R. R. Pangestika, “Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika,” 2019.

Published
2022-05-24
Section
Articles