Analisis Kemampuan Representasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Bangun Datar

Abstract views: 346 , 3938 publish downloads: 173

Abstract

Abstract

Representation is the embodiment of a student's idea of a problem, and representation is used to assist students in solving the problem. This research is qualitative research that aims to analyze students' representational abilities in solving problems of two-dimensional figure. The research instrument consisted of test questions with a two-dimensional figure material and interviews. The research subjects were 2 junior high school students in Surabaya City who had different representational abilities. The results showed that students had moderate representational abilities, because they gave rise to 2 indicators of representational ability, namely indicators of verbal and symbolic representation in different ways of conveying, but the two subjects had not yet produced indicators of visual representation.

Keywords: Representation ability, junior high school, two-dimensional figure

 

Abstrak

Representasi adalah perwujudan ide dari seorang siswa terhadap suatu masalah, dan representasi digunakan untuk membantu siswa dalam menyelesaikan masalah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi siswa dalam menyelesaikan soal bangun datar. Instrumen penelitian terdiri dari soal tes dengan materi bangun datar dan pedoman wawancara. Subjek penelitian adalah 2 siswa SMP Kota Surabaya yang memiliki kemampuan representasi berbeda, subjek AM memenuhi indikator representasi A1, C1 dan subjek MIS memenuhi indikator representasi A1, C1, A2, C2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan representasi sedang, karena memunculkan 2 tipe kemampuan representasi yaitu tipe representasi verbal dan simbolik dengan cara penyampaian yang berbeda, namun kedua subjek belum memunculkan tipe representasi visual.

Kata Kunci: Kemampuan representasi, siswa SMP, bangun datar

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. Malasari, P, H. Nindiasari, and Jaenuddin, “A Development of Mathematics Connecting Ability of Students in junior High School through a Problem-Based Learning with Course Review Horay Method,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 755, no. 1, 2016, doi: 10.1088/1742-6596/755/1/011001.

A. F. Samsuddin and H. Retnawati, “Mathematical representation: The roles, challenges and implication on instruction,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1097, no. 1, 2018, doi: 10.1088/1742-6596/1097/1/012152.

M. Sabirin, “Representasi Dalam Pembelajaran Matematika,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013.

F. S. Syafri, “Pengaruh kemampuan representasi siswa dalam pemecahan masalah matematika,” J. Pendidik. Mat., vol. 3, no. May, pp. 49–55, 2019.

A. Nizar Rangkuti, “Representasi Matematis,” Logaritma, vol. I, no. 02, pp. 49–61, 2013.

NCTM, “Pssm,” J. Equine Vet. Sci., vol. 18, no. 11, p. 719, 1998, doi: 10.1016/s0737-0806(98)80482-6.

J. L. V. Castellanos, E. Castro, and J. Gutiérrez, “Representations in problem solving: A case study with optimization problems,” Electron. J. Res. Educ. Psychol., vol. 7, no. 17, pp. 279–308, 2009.

A. Suryana, “Kemampuan berpikir matematis tingkat lanjut (Advanced mathematical thinking) dalam mata kuliah statistika matematika 1,” Semin. Nas. Mat. dan Pendidik. Mat. FMIPA UNY, no. November, pp. 37–48, 2012.

S. Rezeki, “Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Novick,” SAP (Susunan Artik. Pendidikan), vol. 1, no. 3, pp. 281–291, 2017, doi: 10.30998/sap.v1i3.1203.

I. Herdiman, K. Jayanti, K. A. Pertiwi, and R. Naila N., “Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan,” J. Elem., vol. 4, no. 2, p. 216, 2018, doi: 10.29408/jel.v4i2.539.

J. T. Manoy, “Elementary students’ representations in solving word problems,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1088, 2018, doi: 10.1088/1742-6596/1088/1/012017.

E. Silviana, R. W. Y. Putra, and B. S. Anggoro, MATEMATIKA KUMPULAN SOAL CERITA ALJABAR DAN PEMBAHASANNYA. Malang: Ahlimedia Press, 2020.

N. Farida, “Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia,” vol. 1, no. 1, p. 305, 2014.

H. J. Sari, A. Kusaeri, and Mauliddin, “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri,” J. Pendidik. Mat. Indones., vol. 5, no. 2, pp. 56–66, 2020.

H. Kholiqwati, Sugiarto, and I. Hidayah, “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir Peserta Didik dalam Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik,” Unnes J. Math. Educ., vol. 5, no. 3, pp. 234–242, 2017, doi: 10.15294/ujme.v5i3.12493.

R. K. Sulistyowaty, Y. S. Kesumah, and B. A. Priatna, “Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Pembelajaran Collaborative Problem Solving,” J. Pendidik. Mat., vol. 13, no. 2, pp. 153–162, 2019, doi: 10.22342/jpm.13.2.6829.153-162.

Published
2022-05-24
Section
Articles