Studi Literatur: Berpikir Kreatif dalam Pemecahan Masalah Matematika

  • Windi Setiawan Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Juniati Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Khabibah Universitas Negeri Surabaya
Abstract views: 123 , 7548 publish (Bahasa Indonesia) downloads: 62

Abstract

Abstract

Problem-solving is the mental activity of each individual to find solutions to their problems. Problem-solving has become the heart of mathematics. Through problem-solving, students are required to think about the appropriate steps in obtaining a solution. One type of thinking is creative thinking. Creative thinking is the mental activity of each individual in solving problems by producing various kinds of new solutions. Creative thinking is an important part of problem-solving because it requires students to look at problems from different points of view. This article is the result of a literature study by reviewing several scientific articles published in accredited national journals. The article is studied in more depth, analyzed, and concluded. The results of this research show that creative thinking exists in solving mathematical problems. Through problem-solving activities, students can be trained to think creatively to be used to face challenges in future life.

 

Keywords: thinking, creative thinking, problem solving

 

Abstrak

Pemecahan masalah adalah aktivitas mental setiap individu guna menemukan solusi pada masalah yang dihadapi. Pemecahan masalah telah menjadi jantungnya matematika. Melalui pemecahan masalah, siswa dituntut untuk berpikir tentang langkah-langkah yang tepat dalam memperoleh solusinya. Salah satu jenis berpikir adalah berpikir kreatif. Berpikir kreatif adalah aktivitas mental setiap individu dalam memecahkan masalah dengan menghasilkan berbagai macam solusi baru. Berpikir kreatif menjadi bagian penting dalam pemecahan masalah karena menuntut siswa untuk memandang persoalan berdasarkan sudut pandang yang berbeda. Artikel ini merupakan hasil studi literatur dengan mengkaji beberapa artikel ilmiah yang telah terpublikasi pada jurnal nasional terakreditasi. Artikel tersebut dikaji lebih mendalam, dianalisis, dan disimpulkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berpikir kreatif ada dalam pemecahan masalah matematika. Melalui kegiatan pemecahan masalah siswa dapat dilatih untuk berpikir kreatif sehingga nantinya dapat digunakan dalam menghadapi tantangan di kehidupan yang akan datang.

Kata Kunci: berpikir, berpikir kreatif, pemecahan masalah

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. Waluyo and N. Nuraini, “Pengembangan model pembelajaran creative problem solving terintegrasi TPACK untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah,” J. Ris. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 2, pp. 191–205, 2021, doi: 10.21831/jrpm.v8i2.39354.

NCTM, Standards for Secondary Mathematics Teacher. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc, 2000.

D. P. Sari, W. Y. P. Rizki, and M. Syazali, “Pengaruh Metode Kuis Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mata Kuliah Trigonometri [The Effect of Interactive Quiz Method on Mathematical Problem Solving Ability in Trigonometry Course],” J. Pendidik. Mat., vol. 12, no. 2, pp. 63–72, 2018.

I. A. V. Yandari, S. Supartini, A. S. Pamungkas, and E. Khaerunnisa, “The Role of Habits of Mind (HOM) on Student’s Mathematical Problem Solving Skills of Primary School,” Al-Jabar J. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 1, pp. 47–57, 2019, doi: 10.24042/ajpm.v10i1.4018.

D. D. Pratiwi and A. S. Deni, “Dampak Awareness Training Berbantu Ice Breaking dan Gaya Kognitif pada Kemampuan Pemecahan Masalah,” JNPM (Jurnal Nas. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 1, p. 30, 2022, doi: 10.33603/jnpm.v6i1.4955.

F. Van Galen and D. Van Eerde, “Solving problems with the percentage bar,” J. Math. Educ., vol. 4, no. 1, pp. 1–8, 2013.

M. A. Maulyda, V. R. Hidayati, and A. N. K. Rosyidah, “Problem-solving ability of primary school teachers based on Polya ’ s method in Mataram City,” PHYTAGORAS J. Pendidik. Mat., vol. 14, no. 2, pp. 139–149, 2019.

J. P. Purwanto and W. Winarti, “Profil Pembelajaran Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah se-DIY,” J. Penelit. Pembelajaran Fis., vol. 7, no. 1, pp. 8–18, 2016, doi: 10.26877/jp2f.v7i1.1148.

K. L. Septiasari and I. W. Widana, “Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbasis Pendekatan STEM,” J. Elem., vol. 7, no. 1, pp. 209–220, 2021, doi: 10.29408/jel.v7i1.3031.

R. Prakash and R. Litoriya, “Pedagogical Transformation of Bloom Taxonomy’s LOTs into HOTs: An Investigation in Context with IT Education,” Wirel. Pers. Commun., vol. 122, no. 1, pp. 725–736, 2022, doi: 10.1007/s11277-021-08921-2.

F. Febrianingsih, “Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 11, no. 1, pp. 119–130, 2022, doi: 10.31980/mosharafa.v11i1.1174.

N. L. P. Swandewi, I. N. Gita, and I. M. Suarsana, “Pengaruh Model Quantum Learning Berbasis Masalah Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA,” J. Elem., vol. 5, no. 1, p. 31, 2019, doi: 10.29408/jel.v5i1.932.

R. Purwasih, “Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Adversity Quotient Tipe Climber,” Aksioma, vol. 8, no. 2, pp. 323–332, 2019.

N. Ulandari, R. Putri, F. Ningsih, and A. Putra, “Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 2, pp. 227–237, 2019, doi: 10.31004/cendekia.v3i2.99.

A. Sari and D. Wulandari, “Profil kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif A . Pendahuluan Matematika adalah mata pelajaran wajib yang harus dipelajari sejak pendidikan dasar hingga pada jenjang pendidikan tinggi . Pembelajaran,” J. Aksioma, vol. 13, no. 2, pp. 293–300, 2022.

R. Susanti and C. Novtiar, “Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Kelas VIII Pada Materi Bangun Datar,” Nusant. Res. J. Hasil-hasil Penelit. Univ. Nusant. PGRI Kediri, vol. 5, no. 1, pp. 38–43, 2018, doi: 10.29407/nor.v5i1.12096.

M. U. Syahara and E. P. Astutik, “Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV ditinjau dari Kemampuan Matematika,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 2, pp. 201–212, 2021, doi: 10.31980/mosharafa.v10i2.892.

D. Purwanti, J. Fakhri, and H. S. Negara, “Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Gaya Belajar Kelas Vii Smp,” AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 1, pp. 91–102, 2019, doi: 10.24127/ajpm.v8i1.1733.

A. D. Windasari and Y. M. Cholily, “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Memecahkan Masalah HOTS dalam Setting Model Kooperatif Jigsaw,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, pp. 623–631, 2021, doi: 10.31004/cendekia.v5i1.462.

I. I. Al Ayubi, Erwanudin, and M. Bernard, “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp,” JPMI (Jurnal Pembelajaran Mat. Inov., vol. 1, no. 3, pp. 355–360, 2018, doi: 10.22460/jpmi.v1i3.p445-452.

K. A. N. Suhita Lestari, G. A. Mahayukti, and N. M. S. Mertasari, “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keaktifan Belajar Siswa SMA melalui Means-Ends Analysis,” JNPM (Jurnal Nas. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, p. 263, 2020, doi: 10.33603/jnpm.v4i2.3487.

M. Mawaddah and R. D. Siswanto, “Development of E-Worksheet To Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability,” Mathline J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 7, no. 2, pp. 298–314, 2022, doi: 10.31943/mathline.v7i2.296.

H. T. La’ia and D. Harefa, “Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa,” Aksara J. Ilmu Pendidik. Nonform., vol. 7, no. 2, p. 463, 2021, doi: 10.37905/aksara.7.2.463-474.2021.

P. W. C. Davita and H. Pujiastuti, “Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender,” Kreano, J. Mat. Kreat., vol. 11, no. 1, pp. 110–117, 2020, doi: 10.15294/kreano.v11i1.23601.

G. Polya, How To Solve (2nd Ed). Princeton: University Press, 1973.

E. R. Wulan and R. E. Anggraini, “Gaya Kognitif Field-Dependent dan Field-Independent sebagai Jendela Profil Pemecahan Masalah Polya dari Siswa SMP,” J. Focus Action Res. Math. (Factor M), vol. 1, no. 2, pp. 123–142, 2019, doi: 10.30762/factor_m.v1i2.1503.

F. Maisyaroh Agsya, M. Maimunah, and Y. Roza, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Mts,” Symmetry Pas. J. Res. Math. Learn. Educ., vol. 4, no. volume 4, pp. 31–44, 2019, doi: 10.23969/symmetry.v4i2.2003.

W. Hidayat and R. Sariningsih, “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Adversity Quotient Siswa Smp Melalui Pembelajaran Open Ended,” J. Nas. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 109–118, 2018.

N. N. Aini and M. Mukhlis, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient,” Alifmatika J. Pendidik. dan Pembelajaran Mat., vol. 2, no. 1, pp. 105–128, 2020, doi: 10.35316/alifmatika.2020.v2i1.105-128.

Y. E. Wardani and S. Suripah, “Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Berdasarkan Kemampuan Akademik,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 3, pp. 3039–3052, 2023, doi: 10.31004/cendekia.v7i3.2338.

A. Fitriyah and S. D. Ramadani, “Penerapan Metode Project Based Learning,” J. Educ., vol. 3, no. 1, p. 7, 2021, doi: 10.26737/jpmi.v1i1.76.

N. A. Hagi and M. Mawardi, “Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 2, pp. 463–471, 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i2.325.

Published
2024-01-01
Section
Articles