Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Audio Visual Aid (AVA) terhadap Kemampuan Berpikir Logis Matematis

  • Ellen Proborini Sekolah Tinggi Teknik Pati
  • Sri Adi Widodo Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Uli Ulfa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
Abstract views: 162 , 7632 Publish (Bahasa Indonesia) downloads: 127

Abstract

Abstract

This research aims to determine how effective the application of the PBL learning model with Audio Visual Aid (AVA) is on the ability to think logically in matrix material. The subject of this research is class XI TJKT SMK Tunas Harapan Pati for the 2023/2024 academic year. The data used in this research was obtained from filling out a questionnaire on a scale of 1 to 5. Respondents filled out the questionnaire twice, namely before implementing PBL with AVA and after implementing PBL with AVA. Analysis prerequisite tests were carried out using the Liliefors test for normality and the Barlett test for homogeneity. The data analysis test used was a t-paired test to compare the score before and after treatment. After being subjected to treatment, the questionnaire score showed an increase of 27.63%. The increase in scores after respondents were given PBL with AVA treatment was because respondents felt that PBL with AVA stimulated their mathematical logical thinking abilities. PBL with AVA also sharpens students' mathematical logical thinking skills to solve problems in the learning process related to their lives. AVA media is also felt to be able to actualize concepts that students have previously considered abstract. So, it is concluded that applying the PBL learning model with AVA has a positive influence on improving students' logical thinking abilities. This is reinforced by the results of the N-Gain Test, which shows that PBL with AVA is quite effective in increasing students' mathematical and logical abilities.

Keywords: Audio Visual Aids; Critical Thinking Skills; PBL.

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaran PBL dengan Audio Visual Aid (AVA) terhadap kemampuan berpikir logis pada materi matriks. Subyek penelitian ini adalah kelas XI TJKT SMK Tunas Harapan Pati tahun pelajaran 2023/2024. Data yang digunakan pada penelitian ini diperoleh dari hasil pengisian kuesioner berskala 1 sampai dengan 5. Responden mengisi kuesioner sebanyak dua kali yaitu sebelum dikenakan PBL dengan AVA dan setelah penerapan PBL dengan AVA. Uji prasyarat analisis dilakukan menggunakan uji liliefors untuk uji normalitas dan uji barlett untuk uji homogenitas. Uji analisis data yang digunakan menggunakan uji t-paired test yaitu untuk membandingkan antara skor sebelum perlakuan dengan skor setelah perlakuan. Skor kuesioner setelah dikenakan perlakuan menunjukkan adanya peningkatan sebesar 27,63%. Peningkatan skor setelah responden diberikan perlakuan PBL dengan AVA dikarenakan responden merasa PBL dengan AVA mampu merangsang kemampuan berpikir logis matematis yang dimilikinya. PBL dengan AVA juga mengasah kemampuan berpikir logis matematis siswa untuk menyelesaikan masalah pada proses pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupannya. Media AVA juga dirasa mampu mengaktualisasi konsep yang selama ini dirasa abstrak oleh siswa. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dengan AVA mempunyai pengaruh yang positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir logis siswa. Hal ini diperkuat dengan hasil Uji N-Gain yang menunjukan bahwa PBL dengan AVA cukup efektif terhadap peningkatan kemampuan logis matematis siswa.

Kata Kunci: Audio Visual Aid; Kemampuan Berpikir Kritis; PBL.

Downloads

Download data is not yet available.

References

W. Wahyudi and H. Suyitno, “Dampak Perubahan Paradigma Baru Matematika Terhadap Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Indonesia,” INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 1, no. 1, 2018, doi: 10.24176/jino.v1i1.2315.

S. Afsari, I. Safitri, S. K. Harahap, and L. S. Munthe, “Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika,” Indonesian Journal of Intellectual Publication, vol. 1, no. 3, pp. 189–197, 2021, doi: 10.51577/ijipublication.v1i3.117.

A. Rosmala, Model-model pembelajaran matematika. Bumi Aksara, 2021.

D. R. Utari, M. Y. S. Wardana, and A. T. Damayani, “Analisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita,” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, vol. 3, no. 4, pp. 534–540, 2019, doi: 10.23887/jisd.v3i4.22311.

M. I. Maulani, “Pembiasaan Strategi Mencongak Sebagai Upaya Mengatasi Hambatan Berhitung,” in Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2022.

H. R. Setiawan, “Kontribusi Al-Khawarizmi Dalam Perkembangan Ilmu Astronomi,” Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, vol. 1, no. 1, 2015.

J. S. Suriasumantri, “Filsafat ilmu,” Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2007.

A. E. R. M. Sari, “Suatu Kajian: Matematika dan Kehidupan,” JURNAL ILMIAH EDUKASI MATEMATIKA (JIEM), vol. 7, no. 2, pp. 21–28, 2021, [Online]. Available: http://portal.widyamandala.ac.id/jurnal/index.php/jiem/article/view/1072.

U. Sumarmo, W. Hidayat, R. Zukarnaen, Hamidah, and R. Sariningsih, “Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematik,” Jurnal Pengajaran MIPA, vol. 17, pp. 17–33, 2012, doi: 10.18269/jpmipa.v17i1.228.

L. Wulandari and U. Fatmahanik, “Kemampuan berpikir logis matematis materi pecahan pada siswa berkemampuan awal tinggi,” Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 3, no. 1, pp. 43–57, 2020, doi: 10.31537/laplace.v3i1.312.

N. K. D. L. Sagita, D. Darhim, and T. Purniati, “Local Intruction Theory dalam Pendidikan Matematika Realistik untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Logis,” Journal on Mathematics Education Research, vol. 1, no. 1, pp. 36–41, 2020, doi: 10.17509/mimbardik.v2i2.8627.

T. S. Nugraha and A. Mahmaudi, “keefektifan pembelajaran berbasis masalah dan problem posing ditinjau dari kemampuan berpikir logis dan kritis,” Jurnal Riset Pendidikan Matematika, vol. 2, pp. 107–120, 2015.

Y. Wasiran and A. Andinasari, “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penalaran Adaptif Matematika Melalui Paket Instruksional Berbasis Creative Problem Solving,” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), vol. 3, no. 1, pp. 51–65, 2019.

D. M. Fitriyah, N. Indrawatiningsih, and M. Khoiri, “Analisis Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa SMP Kelas VII dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar,” JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, vol. 7, no. 1, pp. 1–14, 2019, doi: 10.25273/jems.v7i1.5286.

A. L. Milsan and M. Wewe, “Hubungan antara kecerdasan logis matematis dengan hasil belajar matematika,” Journal of Education Technology, vol. 2, no. 2, pp. 65–99, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/download/16183/11496.

B. Wulandari and H. D. Surjono, “Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK,” Jurnal Pendidikan Vokasi, 2013, doi: 10.21831/jpv.v3i2.1600.

A. Wijayanti, S. Adi Widodo, W. Pusporini, N. Wijayanti, and M. Irfan, “Optimization of Mathematics Learning with Problem Based Learning and 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi) to improve mathematical problem solving skills,” 2022. [Online]. Available: https://indomath.org/index.php/.

K. S. Kuncoro, L. L. Hakim, and S. A. Widodo, “Analisis Karakter Tanggung Jawab Ditinjau dari Kemampuan Awal Pemecahan Masalah melalui Problem Based Learning,” Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, vol. 3, no. 2, pp. 61–75, 2021.

E. Wahyuningsih, “Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013,” Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, vol. 1, no. 2, pp. 69–87, 2019, doi: 10.14421/jppm.2019.12.69-87.

Y. L. S. Hayati, V. Anggarini, and E. Yayuk, “Peningkatan Kecerdasan Logis Matematis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 1 SD,” JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 16, no. 1, pp. 54–60, 2023.

R. Rohmatulloh, N. Novaliyosi, H. Nindiasari, and A. Fatah, “Integrasi Media pada Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika,” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 4, no. 4, pp. 5544–5557, 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i4.3249.

S. Nurfadhillah, S. F. Barokah, S. Nur’alfiah, N. Umayyah, and A. A. Yanti, “Pengembangan media audio visual pada pembelajaran matematika di kelas 1 mi al hikmah 1 sepatan,” PENSA, vol. 3, no. 1, pp. 149–165, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/1274.

A. Jusmiana, H. Herianto, and R. Awalia, “Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar matematika siswa smp di era pandemi covid-19,” Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 5, no. 2, pp. 1–11, 2020, doi: 10.30605/pedagogy.v5i2.400.

Sugiyono, Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta, 2017.

E. Mulyatiningsih, Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Uny Press, 2015.

Budiyono, Statistika Untuk Penelitian. Solo: UNS Press, 2015.

J. Archambault, T. Burch, M. Crofton, and A. McClure, “The effect of developing kinematics concepts graphically prior to introducing algebraic problem solving techniques,” Action Research required for the Master of Natural Science degree with concentration in physics, 2008.

S. A. Widodo and A. S. Purnami, “Mengembangkan Norma Sosiomatematik dengan Team Accelerated Instruction,” NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, vol. 2, no. 1, pp. 29–48, 2018, doi: 10.25217/numerical.v2i1.238.

C. G. Martin and P. A. Games, “Anova Test For Homogeneity of Variance: Nonnormality and Unequal Samples,” Journal of Educational Statistics, vol. 2, no. 3, pp. 187–206, 1977.

G. V Glass, “Testing Homogeneity of Variance,” Am Educ Res J, vol. 3, no. 3, pp. 187–190, 1966.

A. Ghasemi and S. Zahediasl, “Normality Tests for Statistical Analysis: A Guide for Non-Statisticians Asghar,” International Journal Endocrinology and Metabolism, vol. 10, no. 2, pp. 486–489, 2012, doi: 10.5812/ijem.3505.

H. W. Liliefors, “On the Kolmogorov-Smirnov Test for Normality with Mean and Variance Unknown,” J Am Stat Assoc, vol. 62:318, pp. 399–402, 1967.

R. T. Widyastuti and G. S. Airlanda, “Efektivitas model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 3, pp. 1120–1129, 2021.

A. Mustajab and P. Rahmawati, “Implikasi model pembelajaran problem based learning terhadap kecerdasan logika matematika,” Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, vol. 16, no. 2, 2021.

N. I. Wulandari, A. Wijayanti, and W. Budhi, “Efektivitas model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar ipa ditinjau dari kemampuan berkomunikasi siswa,” Jurnal Pijar MIPA, vol. 13, no. 1, pp. 51–55, 2018.

Published
2024-02-16
Section
Articles