Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Game Tradisional Congklak Menggunakan Metode Peer Tutoring
Abstract
Abstract
This study aims to development of teaching materials for learning mathematics in the field of LKPD. LKPD based on the traditional game congklak which uses the peer tutor method and is integrated with cultural elements is developed to support the learning process, increase students' motivation in learning activities, and introduce traditional game. The type of research used is development with the 4D research method (Define, Design, Development, Disseminate). This research was conducted at SMPN 1 Jiwan with research subjects of seventh grade students. The data collection techniques used were interviews, documentation, questionnaires, and tests. The instruments used were product validation sheets, student response questionnaire validation sheets, questionnaire validation questions, student response questionnaire sheets, and test questions. Based on the data obtained, it shows that the LKPD based on traditional congklak game using the peer tutor method meets the criteria of valid, practical, and effective so that it is feasible to use as teaching material in the mathematics learning processes that serve to increase student learning motivation.
Keywords: LKPD, Games, Congklak, Peer Tutoring, Teaching Materials
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan guna mengembangkan bahan ajar pembelajaran matematika berupa LKPD. LKPD berbasis permainan tradisional congklak, yang menggunakan metode peer tutoring dan dipadukan dengan unsur budaya, dikembangkan untuk mendukung proses pembelajaran, meningkatkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran, serta memperkenalkan permainan tradisional. Jenis penelitian yang digunakan adalah piengiembangan diengan mietodie pienielitian 4D (Diefinie, Diesign, Dievielopmient, Dissieminatie). Pienielitian ini dilakukan di SMPN 1 Jiwan diengan subjiek penelitian adalah piesierta didik kielas VII. Tieknik piengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumientasi, angkiet, dan ties. Instrumien yang digunakan adalah liembar validasi produk, liembar validasi angkiet riespon piesierta didik, angkiet validasi soal, liembar angkiet riespon piesierta didik, dan soal ties. Bierdasarkan data yang didapat mienunjukkan bahwa LKPD bierbasis gamie tradisional congklak mienggunakan mietodie pieier tutoring miemienuhi kritieria valid, praktis, dan iefiektif siehingga layak digunakan siebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika yang berfungsi meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Kata Kunci: LKPD, Game, Congklak, Peer Tutoring, Bahan Ajar
Downloads
References
N. F. Harahap, D. Anjani, and N. Sabrina, “Analisis artikel metode motivasi dan fungsi motivasi belajar siswa,” Indones. J. Intellect. Publ., vol. 1, no. 3, pp. 198–203, 2021.
I. Syarif, E. Elihami, and G. Buhari, “Mengembangkan Rasa Percaya Diri Melalui Strategi Peer Tutoring Di Sekolah Dasar,” EduPsyCouns J. Educ. Psychol. Couns., vol. 3, no. 1, pp. 69–77, 2021.
T. Thamsir, D. W. Silalahi, and R. H. Soesanto, “Upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah soal non-rutin pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dengan penerapan metode peer tutoring [Efforts in improving mathematical problem-solving skills of non-routine problems of one-vari,” JOHME J. Holist. Math. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 96–107, 2019.
R. Effendi, H. Herpratiwi, and S. Sutiarso, “Pengembangan LKPD matematika berbasis problem based learning di sekolah dasar,” J. basicedu, vol. 5, no. 2, pp. 920–929, 2021.
A. Muslihatun, L. Cahyaningtyas, R. Narendra, and L. Hasaleh, “Pemanfaatan Permainan Tradisional Congklak Untuk Media Pembelajaran,” Transform. J. Pengabdi. Masy., vol. 15, no. 1, pp. 14–22, 2019.
G. Stahl, “Contributions to a theoretical framework for CSCL,” in Computer support for collaborative learning, Routledge, 2023, pp. 62–71.
U. Hasanah, I. Safitri, R. Rukiah, and M. Nasution, “Menganalisis perkembangan media pembelajaran matematika terhadap hasil belajar berbasis game,” Indones. J. Intellect. Publ., vol. 1, no. 3, pp. 204–211, 2021.
M. S. Amin, K. Kartono, and N. R. Dewi, “Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Peer Tutoring Cooperative Learning,” in PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2019, pp. 754–758.
A. Matulessy and A. Muhid, “Efektivitas permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa: literature review,” AKSIOMA J. Mat. Dan Pendidik. Mat., vol. 13, no. 1, pp. 165–178, 2022.
L. Lomu and S. A. Widodo, “Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa,” 2018.
D. Triyuda and M. Ali, “Mengenalkan kemampuan berhitung melalui permainan tradisional congklak pada anak usia 5-6 tahun,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 2, no. 7, 2013.
T. Y. Ahmad, “Pengaruh media congklak dan motivasi terhadap keterampilan menghitung perkalian pada siswa kelas iii di sdn 1 limboto kab. Gorontalo,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2022.
E. Prasetyo and N. Hardjono, “Efektivitas penggunaan media pembelajaran permainan tradisional congklak terhadap minat belajar matematika (MTK) siswa sekolah dasar,” J. Pendidik. Dasar Borneo (Judikdas Borneo), vol. 2, no. 1, pp. 111–119, 2020.
M. A. Nisa and R. Susanto, “Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar,” JPGI (Jurnal Penelit. Guru Indones., vol. 7, no. 1, p. 140, 2022.
J. Jainiyah, F. Fahrudin, I. Ismiasih, and M. Ulfah, “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” J. Multidisiplin Indones., vol. 2, no. 6, pp. 1304–1309, 2023.
A. Fernández-Barros, D. Duran, and L. Viladot, “Peer tutoring in music education: A literature review,” Int. J. Music Educ., vol. 41, no. 1, pp. 129–140, 2023.
S. Hernawati, “Application of the Peer Tutor Learning Model to Improve Learning Outcomes of Fifth Grade Students at Cintawana Elementary School in Mixed Integer Computing Operations,” Indones. J. Educ. Sci. Technol., vol. 2, no. 1, pp. 151–162, 2023.
R. Yoviyanti, U. Suhendar, M. Education, and U. M. Ponorogo, “The Effectiveness of Peer Tutoring on Studet’s Understanding of Mathematical Concepts,” J. Pedagog. dan Pembelajaran, vol. 6, no. 3, pp. 350–358, 2023.
K. Kamid, S. Syaiful, R. Theis, S. Sufri, S. E. Septi, and R. I. Widodo, “Traditional ‘Congklak’ games and cooperative character in mathematics larning,” J. Ilm. Sekol. Dasar, vol. 5, no. 3, pp. 443–451, 2021.
S. Sumarni, “Model penelitian dan pengembangan (R&D) lima tahap (MANTAP),” 2019.
P. Farah, “Penerapan Permainan Tradisional Engklek Untuk Mengembangkan Aspek Kognitif Pada Anak Usia Dini di TK Goemerlang Bandar Lampung,” 2024, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
F. I. Fauzi and F. N. Tarigan, “Strawberry Generation: Keterampilan Orangtua Mendidik Generasi Z,” J. Consulen. J. Bimbing. Konseling dan Psikol., vol. 6, no. 1, pp. 1–10, 2023.
K. Husna and S. Supriyadi, “Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” AL-MIKRAJ J. Stud. Islam Dan Hum. (E-ISSN 2745-4584), vol. 4, no. 1, pp. 981–990, 2023.
Y. Kristyowati, “Generasi ‘Z’ dalam Pembalajaran,” Ambassad. J. Teol. dan Pendidik. Kristiani, vol. 2, no. 1, pp. 23–34, 2021, [Online]. Available: stt-indonesia.ac.id › journal › index.
R. Andriani and R. Rasto, “Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa,” J. Pendidik. Manaj. perkantoran, vol. 4, no. 1, pp. 80–86, 2019.
J. Tetiwar and O. D. Appulembang, “Penerapan Metode Peer Tutoring Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Perkalian Bersusun Pada Siswa Kelas III SD,” Sch. J. Pendidik. Dan Kebud., vol. 8, no. 3, pp. 302–308, 2018.
M. A. Prayitno, “Gerakan Siswa Mengajar (GSM) Implementasi Metode Tutor Sebaya di SMPN 1 Mejayan Kabupaten Madiun,” Al-Riwayah J. kependidikan, vol. 13, no. 2, pp. 339–360, 2021.
P. D. Sugiyono, “metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan),” Metod. Penelit. Pendidik., vol. 67, 2019.