Deskripsi Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dengan Tema Kewirausahaan Pada Materi Aritmatika Sosial

  • Nurwati Djam'an Universitas Negeri Makassar
  • Sarmita Sarmita Universitas Negeri Makassar
  • Alimuddin Alimuddin Universitas Negeri Makassar
Abstract views: 33 , 9937 publish (Bahasa Indonesia) downloads: 24

Abstract

Abstract

The rapid advancement of technology, the ever-evolving social and cultural dynamics, environmental transformations, and the differing characteristics of the future job market have significantly impacted education at all levels and across all aspects of culture. These factors have served as the driving force behind the emergence of the Pancasila Student Profile, which is one of the key implementations of the Merdeka Curriculum. This descriptive qualitative research study aims to examine the implementation of the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5) under the theme of entrepreneurship, integrated with social arithmetic material. The researcher employed purposive sampling to determine the research subjects: three educators and six students. Data was collected through student activity observations, P5 implementation interview guidelines, and social arithmetic tests. The data were analyzed using an interactive qualitative analysis model involving the stages of data condensation, data display, and conclusion drawing or verification. The findings reveal that the P5 design process includes planning time allocation and dimensions, identifying school readiness, selecting a general theme, determining specific topics, designing project modules, selecting dimensions, elements, and sub-elements, and exploring the project flow. The implementation demonstrated strong integration between school readiness, project execution, and structured evaluation. Despite some challenges, such as student discipline issues and limited supervision, the project improved students' understanding of the subject matter. It supported the development of key Pancasila Student Profile dimensions, namely critical thinking, creativity, and collaboration. Furthermore, the results of the social arithmetic tests indicate that the P5 implementation contributed to improving students' conceptual understanding.

Keywords: Entrepreneurship; Independent Curriculum; Pancasila Student Profile Strengthening Project; Social Arithmetic.

 

Abstrak

Perkembangan teknologi yang sangat cepat, dinamika sosial dan budaya yang terus berubah, transformasi lingkungan hidup, serta perbedaan karakteristik dunia kerja di masa depan memberikan dampak yang signifikan terhadap pendidikan di semua jenjang dan pada setiap aspek kebudayaan merupakan hal yang melatarbelakangi munculnya Profil Pelajar Pancasila yang merupakan salah satu bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskripstif bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema kewirausahaan pada materi aritmatika sosial. Peneliti menggunakan Teknik purposive sampling dalam penentuan subjek penelitian yang terdiri dari 3 subjek dari pendidik dan 6 siswa. Data diperoleh dari hasil observasi aktivitas siswa, pedoman wawancara keterlaksanaan P5, dan tes aritmatika sosial. Data dianalisis menggunakan analisis kualitatif model interaktif dengan tahapan: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses desain P5 terdiri atas merancang alokasi waktu dan dimensi, mengidentifikasi kesiapan sekolah, memilih tema umum, penentuan topik spesifik, merancang modul projek, pemilihan dimensi, elemen dan sub-elemen, dan mengeksplorasi alur projek. Keterlaksanaan menunjukkan integrasi yang baik antara kesiapan sekolah, pelaksanaan projek, dan evaluasi terstruktur. Meskipun terdapat kendala seperti ketidaktertiban siswa dan kurangnya kontrol, projek ini efektif dalam membantu pemahaman materi dan mendukung tercapainya dimensi bernalar kritis, kreatif, dan bergotong royong. Kemudian, hasil tes aritmatika sosial, terlihat bahwa pelaksanaan P5 dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Kata Kunci: Aritmatika Sosial; Kewirausahaan; Kurikulum Merdeka; Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Downloads

Download data is not yet available.

References

Yuliana D. Peningkatan kualitas pendidikan melalui kegiatan bimbingan belajar gratis di Desa Gebangan. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2019;12.

Angga, Suryana C, Nurwahidah I, Hernawan AH, Prihantini. Komparasi implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 2022;5877-5889.

Barlian UC, Solekah S, Rahayu P. Implementasi Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Educational and Language Research. 2022;12.

Shilviana KF, Hamami T. Pengembangan kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler. PALAPA: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan. 2020 Mei;8(1):159–77. Available from: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/palapa.

Sulistyati DM. Projek Profil Pelajar Pancasila. 2021.

Yuliastuti S, Ansori I, Fathurrahman M. Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang. Lembaran Ilmu Kependidikan. 2022;76-87.

Setiawan A, Herlina H, Saputra F, Nurgiansah DA, Ridwan A. Development and Validation of the "Pancasila Student Profile Reinforcement Project Theme Questionnaire" (KT P5): A New Tool to Strengthen the Pancasila Student Profile in Indonesian Pioneer Schools. Int J Environ Res Public Health. 2023;20(20):7055. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC11382024/.

Tania SN, Yustina Y. Integrating Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) into the Merdeka Curriculum: Tenth Graders’ Perception at SMA Gajah Mada. ResearchGate [Preprint]. 2024. Available from: https://www.researchgate.net/publication/389325391.

Sari NR, Rachmadyanti P, Utomo RB. The Implementation of Project for Strengthening the Profile of Pancasila Students in the Independent Curriculum for Elementary School Students. ResearchGate [Preprint]. 2023. Available from: https://www.researchgate.net/publication/373326006.

Milles MB, Huberman AM, Saldana J. Qualitative data analysis: A method sourcebook. 3rd ed. Sage Publications; 2016.

Sugiyono. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2013.

Barlian UC, Solekah S, Rahayu P. Implementasi Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Educational and Language Research. 2022;12.

Dewi RK. Analisis karakteristik siswa untuk mencapai pembelajaran yang bermakna. Journal Education Research and Development. 2020;255-261.

Rachman A, Putro HYS, Rusandi MA, Situmorang DDB. The development and validation of the "Kuesioner Tema Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila" (KT P5): A new tool for strengthening the Pancasila Student Profile in Indonesian pioneer schools. Heliyon. 2024 Aug 10;10(16):e35912. doi: 10.1016/j.heliyon.2024.e35912. PMID: 39253165; PMCID: PMC11382024.

Rahmani RA, Huda C, Patonah S, Paryuni. Analisis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada tema kewirausahaan. Jurnal Sekolah. 2023;429-437.

Ilmiah N, Marzuki I. Analisis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam meningkatkan jiwa wirausahawan pada peserta didik Fase B UPT SD Negeri 40 Gresik. AL QODIRI-Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Keagamaan. 2023;20(3).

Turmuzi M, Sudiarta IP, Sutajaya I. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan melalui pembelajaran matematika materi aritmatika sosial berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 2022;6(2).

Masduki LR, Kurniasih E. Penerapan pembelajaran entrepreneur berbasis matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 2019;4(1).

Published
2025-03-28
Section
Articles