Inovasi Pelayanan Pembuatan SIM di Polres TTU Kabupaten Timor Tengah Utara

Herminus Kefi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh  adanya pelayanan yang sulit diakses, prosedur yang berbelit-belit, biaya yang tidak jelas serta terjadinya praktek pungutan liar (pungli), yang merupakan indikator rendahnya kualitas pelayanan publik di Indonesia Masalah pokok penelitian ini yaitu: Bagaimana Inovasi Pelayanan Pembuatan SIM di Polres TTU, Kabupaten Timor Tengah Utara? Faktor apa saja yang yang menjadi pendukung dan penghambat inovasi pelayanan pembuatan Surat Ijin Mengemudi di Polres TTU, Kabupaten Timor Tengah Utara?.  Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan menganalisis, dan menginterpretasikan inovasi pelayanan pembuatan SIM di Polres TTU, Kabupaten Timor Tengah Utara. Dan untuk mengidentifikasi mendeskripsikan, menganalisis, dan menginterretasikan faktor pendukung dan penghambat Inovasi Pelayanan Pembuatan SIM di Polres TTU, Kabupaten Timor Tengah Utara.

Jenis penelitian yang dipergunakan dalam membedah masalah ini adalah penelitian deskriptif, yakni jenis penelitian yang menggambarkan suatu fenomena atau kejadian secara apa adanya serta menganalisa data dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam menggali informasi kepada informan ini penulis menggunakan utama pedoman wawancara (interview guiding) sebagai alat bantu dalam melakukan wawancara. Wawancara diawali mulai dari Kepala Kepolisian Resort Timor Tengah Utara dan informasi bergerak menuju Kepala-kepala seksi yang lain sampai kepada informan mana informasi dianggap jenuh.

Hasil penelitian membuktikan bahwa (1)Terdapat inovasi baru layanan di Polres TTU berupa aplikasi “Apaot” dengan empat jenis layanan publik Pertama: untuk mengurus Surat Kehilangan, Kedua, Pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Ketiga, Panggilan Emergency (110) dan Keempat, Pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM). (2). Standar Operasional Prosedur (SOP) yang mudah. (3) Adanya pelayanan SIM Keliling yang memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan perpanjangan SIM ditempat.


Keywords


Inovasi, Pelayanan, Pembuatan SIM

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25139/jmnegara.v3i2.2381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.