Analisis Pelanggaran dan Pematuhan Prinsip Kerja Sama pada Novel Perfect Couple Karangan Asri Aci

  • Galih Wibisono Universitas Dr. Soetomo
  • Kusmiyati Universitas Dr. Soetomo
  • Afan Faizin Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 170 , pdf downloads: 195
Keywords: Pematuhan, Pelanggaran, Kerjasama, Grice

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pelanggaran dan pematuhan prinsip kerja sama Grice dalam dialog novel Perfect Couple karya Asri Aci. Tujuan dalam penelitian ini untuk Mendeskripsikan pelanggaran dan pematuhan prinsip kerjasama pada novel perfect couple hasil karya asri aci. Jenis penelitian yang digunakan adalah menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Perfect Couple karya Asri Aci. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan merekam dan teknik sadap. Hasil penelitian terdapat sebanyak 39 kalimat yang melanggar prinsip kerjasama Grice, dengan rincian sebanyak 8 pelanggaran maksim kuantitas, sebanyak 10 pada pelanggaran maksim kualitas, sebanyak 13 pada pelanggaran maksim relevansi, dan sebanyak 8 pada pelanggaran maksim cara yang terjadi pada dialog tokoh novel Perfect Couple Karya Asri Aci. Sedangkan untuk pematuhan prinsip kerjasama dengan rincian sebanyak 3 pada pematuhan maksim kuantitas, sebanyak 2 pada pematuhan maksim kualitas, sebanyak 2 pada pematuhan maksim relevansi dan sebanyak 4 pada pematuhan maksim cara.

References

Azmussya’ni. 2021. Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multikultural. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, I(1), 15-27.

Cleopatra, A. R., & Dalimunthe, S. (2016). Kesantunan Berbahasa Dalam Interaksi Jual Beli Di Pasar Pekan Sunggal Kecamatan Medan Sunggal Kabupaten Deli Serdang (Kajian Pragmatik). Jurnal Sastra.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana dan Kebudayaan Secara Linguistik. St1 ed. Yogyakarta: Duta Wacana Universitas Press.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Wijana, I. D., & Rohmadi, M. (2009). Analisis Wacana Pragmatik : Kajian Teori dan Analisa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Published
2023-04-13
How to Cite
Wibisono, G., Kusmiyati, & Faizin, A. (2023). Analisis Pelanggaran dan Pematuhan Prinsip Kerja Sama pada Novel Perfect Couple Karangan Asri Aci. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 51-59. https://doi.org/10.25139/fn.v6i1.6131
Section
Articles