Pengembangan Inovasi Klampid New Geneneration Dalam Pembuatan Kartu Keluarga Ber Barcode Di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya
Abstract
ABSTRAK
Dinas kependudukan dan catatan sipil kota surabaya dalam peningkatan teknologi di Kota Surabaya apalagi di masa Covid-19 telah memberikan inovasi baik layanan ataupun produk yaitu inovasi Klampid New Generation dalam pembuatan Kartu Keluarga ber barcode tujuannya adalah agar masyarakat menghindari kerumunan dan menghindari kesalahfahaman komunikasi yang selama ini sering terjadi di pelayanan dispendukcapil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan seperti apa keunggulan dari inovasi Klampid New Generation dari aspekĀ kemudahan efisien, efektif dalam pelayanan dan untuk mengetahui apa saja manfaat dari Kartu Keluarga ber barcode. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan memperoleh data dari observasi lapangan, wawancara dengan informan penelitian dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini merujuk pada teori Mulgan dan Albury (dalam Muluk 2008) yang berpendapat bahwa inovasi yang sukses merupakan kreasi implementasi dari proses, produk, layanan dan metode pelayanan baru yang merupakan hasil pengembangan nyata dalam 3 indikator yaitu : (i) Efisiensi, (ii) Efektivitas, dan (iii) Kualitas hasil. Dapat disimpulkan bahwa, (i) Efisiensi : Pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya melalui Klampid New Generation sudah terbilang cepat dan tidak menghabiskan banyak waktu. Tetapi masih terdapat warga yang kesulitan saat mengurus dokumen dan memasuki aplikasi Klampid New Generation. Cak takon merupakan salah satu fitur chat yang dapat membimbing pemohon untuk menyelesaikan apa yang dikeluhkan oleh masyarakat sehingga masyarakat tidak kebingungan dalam menggurus data kependudukan. (ii) Efektifitas : Pelayanan yang dilakukan oleh klampid new generation dan pelayanan yang dilakukan oleh klampid new generation dalam pembuatan kartu keluarga ber barcode sudah membantu dalam permasalahan yang selama ini di rasa kurang dalam pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah, tetapi masih ada yang merasa belum bisa mengakses klampid new generation dan merasa kesulitan dalam mengurus dokumen kependudukan. (iii) Kualitas Hasil : kualitas hasil yang ada di dalam pelayanan klampid new generation dan produk kartu keluarga ber barcode sudah memberikan kualitis hasil yang bagus kepada masyarakat. Banyak keuntungan yang diperoleh bagi masyarakat dan bagi Dinas Kependuduan dan Catatan Sipil Kota Surabaya dalam inovasi pelayanan dan produk ini.
Kata Kunci : Inovasi Pelayanan Klampid New Generation dan Inovasi Produk Kartu Keluarga Ber Barcode