Evaluasi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Paud

  • Lidia Erstiana Ajeng Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Ika Devi Pramudiana Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Nihayatus Sholichah Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 71 , Full Text downloads: 55

Abstract

Abstrak
Pemberdayaan masyarakat merupakan suatu proses di mana masyarakat khususnya mereka yang kurang memiliki akses ke sumber daya pembangunan didorong untuk meningkatkan kemandiriannya didalam mengembangkan perikehidupan mereka.. Jadi pemberdayaan masyarakat lebih merupakan suatu proses. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.Teori yang digunakan pada penelitian ini teori evaluasi kebijakan publik menurut William N Dunn yaitu; efektifitas, efesiensi, kecukupan, perataan, responsifitas, ketepatan. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarakn hasil penelitian menggunakan teori William N. Dunn di Paud Bukit Sion Desa Wangkar Weli Kecamatan Lamba Leda Timur Kabupaten Manggarai Timur Provinssi Nusa Tenggara Timur dapat dikatakan masih belum berjalan maksimal dikarenakan menemukan beberapa kendala dalam program pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan anak usia dini yaitu Kurangnya tenaga pengajar yang sesuai jurusannya dan dibutuhkan pelatihan profesi guru paud untuk meningkatkan kualitas dalam mengajar. kurangnya kesadaran
masyarakat atas pentingnya pendidikan anak usia dini sebelum masuk kejenjang pendidikan selanjutnya dan keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki paud bukit sion seperti lemari yang digunakan tidak dapat dijangkau anak, kurangnya dana sehingga keterbatasan untuk membeli sarana dan prasarana untuk sekolah seperti: meja, kursi, dan alat-alat bermain anak paud, ruang kelas yang relatif sempit sehingga anak kurang leluasa dalam melakukan aktivitas didalam kelas.
Kata Kunci: Evaluasi, Pemberdayaan Masyarakat, Pendidikan Paud

Published
2023-10-31
How to Cite
Ajeng, L. E., Pramudiana, I. D., & Sholichah, N. (2023). Evaluasi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Paud. Soetomo Administrasi Publik , 263 - 268. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sap/article/view/7204

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>