Efektivitas Pelayanan Suroboyo Bus Melalui Aplikasi Golek Bis (GOBIS) dalam Rangka E-Government
(Studi Pada UPTD Pengelolaan Transportasi Umum Dinas Perhubungan Surabaya)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Dinas Perhubungan Surabaya mempunyai inovasi untuk meningkatkan moda transportasi di Kota Surabaya. Mewujudkan inovasi tersebut Dinas Perhubungan Surabaya mengajak kerjasama dengan UPTD Pengelolaan Transportasi Umum Kota Surabaya dengan meluncurkan transportasi publik yang diberi nama Suroboyo bus berbasis E-Government yaitu dengan aplikasi Golek Bis (GOBIS) untuk mempermudah pelayanana masyarakat dalam menggunakan transportasi umum serta menarik masyarakat Kota Surabaya untuk beralih dari menggunakan kendaraan pribadi menggunakan transportasi. Dengan adanya efektivitas Suroboyo Bus akan mengurangi volume kendaraan bermotor yang mengakibatkan kemacetan serta mengurangi sampah plastik di Kota Surabaya, karena Suroboyo Bus juga menerima pembayaran melalui penukaran botol plastik. Adapun tujuan dari penelitian proposal ini yaitu, sebagai berikut untuk mengetahui efektivitas pelayanan Suroboyo Bus dengan menggunakan aplikasi Golek Bis (GOBIS) dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pelayanan Suroboyo Bus dengan menggunakan aplikasi Golek Bis (GOBIS). Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teori menggunakan efektivitas pelayanan publik yang telah dirumuskan oleh Gibson (2004) tentang 5 (lima) indikator untuk mengukur efektivitas yaitu produksi (production), efisiensi (efficiency), kepuasan (satisfaction), adaptasi (adaptiveneness) dan pengembangan (development). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi Golek Bis (GOBIS) sudah efektif untuk mencari tau informasi keberangkatan bus tetapi dalam aplikasi tersebut perlu penambahan menu yang bisa melihat jumlah penumpang.
Kata Kunci: Pelayanan, Efektivitas, E-Government, Aplikasi Golek Bis (GOBIS)