Efektivitas Pelayanan Suroboyo Bus Melalui Aplikasi Golek Bis (GOBIS) dalam Rangka E-Government

(Studi Pada UPTD Pengelolaan Transportasi Umum Dinas Perhubungan Surabaya)

  • Windi Yuliawati Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Suroso Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Ika Devi Pramudiana Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 431 , Full Text downloads: 393
Keywords: Pelayanan, Efektivitas, E-Government, Aplikasi Golek Bis (GOBIS)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Dinas Perhubungan Surabaya mempunyai inovasi untuk meningkatkan moda transportasi di Kota Surabaya. Mewujudkan inovasi tersebut Dinas Perhubungan Surabaya mengajak kerjasama dengan UPTD Pengelolaan Transportasi Umum Kota Surabaya dengan meluncurkan transportasi publik yang diberi nama Suroboyo bus berbasis E-Government yaitu dengan aplikasi Golek Bis (GOBIS) untuk mempermudah pelayanana masyarakat dalam menggunakan transportasi umum serta menarik masyarakat Kota Surabaya untuk beralih dari menggunakan kendaraan pribadi menggunakan transportasi. Dengan adanya efektivitas Suroboyo Bus akan mengurangi volume kendaraan bermotor yang mengakibatkan kemacetan serta mengurangi sampah plastik di Kota Surabaya, karena Suroboyo Bus juga menerima pembayaran melalui penukaran botol plastik. Adapun tujuan dari penelitian proposal ini yaitu, sebagai berikut untuk mengetahui efektivitas pelayanan Suroboyo Bus dengan menggunakan aplikasi Golek Bis (GOBIS) dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pelayanan Suroboyo Bus dengan menggunakan aplikasi Golek Bis (GOBIS). Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teori menggunakan efektivitas pelayanan publik yang telah dirumuskan oleh Gibson (2004) tentang 5 (lima) indikator untuk mengukur efektivitas yaitu produksi (production), efisiensi (efficiency), kepuasan (satisfaction), adaptasi (adaptiveneness) dan pengembangan (development). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi Golek Bis (GOBIS) sudah efektif untuk mencari tau informasi keberangkatan bus tetapi dalam aplikasi tersebut perlu penambahan menu yang bisa melihat jumlah penumpang.
Kata Kunci: Pelayanan, Efektivitas, E-Government, Aplikasi Golek Bis (GOBIS)

Published
2023-10-18
How to Cite
Yuliawati, W., Suroso, & Pramudiana, I. D. (2023). Efektivitas Pelayanan Suroboyo Bus Melalui Aplikasi Golek Bis (GOBIS) dalam Rangka E-Government: (Studi Pada UPTD Pengelolaan Transportasi Umum Dinas Perhubungan Surabaya). Soetomo Administrasi Publik , 1(2), 173 - 178. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sap/article/view/7157
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>