Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Klampid New Generation Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Surabaya

  • Ravindra Egar Ardhyaksa Akbar Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Zainal Fatah Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Nihayatus Sholichah Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 23 , Full Text downloads: 13
Keywords: Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Klampid New Generation

Abstract

Pelayanan publik merupakan wujud kewajiban negara buat mensejahterakan rakyat. Pemerintah pusat serta Pemerintah Daerah wajib memberikan pelayanan publik, sebab hal tersebut merupakan hak dasar warga negara yang harus dipenuhi oleh negara. Pelayanan publik diartikan dalam memberikan pelayanan atau melayani keperluan (orang) atau masyarakat yang mempunyai kepentingan pada suatu organisasi sesuai dengan hukum serta cara yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Klampid New Generation dan mengidentifikasi masalah dalam pelaksanaan pelayanan Klampid New Generation di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya kecamatan genteng. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara,observasi dan dokumentasi.Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah 3 orang informan kunci yaitu  Kepala Dinas Kependudukan dan catatan sipil, Kepala Bidang pemanfaatan data dan inovasi pelayanan, dan Kepala Bidang Pengelolaan informasi administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan catatan sipil kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat pengguna layanan Klampid New Generation di Kota Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengungkapkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap pelayanan Klampid New Generation. Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kepuasan masyarakat meliputi kecepatan pelayanan, kemudahan penggunaan sistem, ketersediaan informasi, dan kesesuaian data. Meskipun demikian, terdapat beberapa aspek yang perlu perbaikan, seperti penyediaan informasi yang lebih komprehensif dan peningkatan pelatihan untuk pengguna sistem. Temuan ini diharapkan dapat memberikan masukan konstruktif bagi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya dalam meningkatkan pelayanan Klampid New Generation guna memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat. Selain itu, penelitian ini dapat menjadi referensi bagi peneliti dan praktisi dalam  bidang pelayanan publik dan pengembangan sistem informasi kependudukan di tingkat lokal.

 
Published
2024-04-02
How to Cite
Ravindra Egar Ardhyaksa Akbar, Fatah, Z., & Sholichah, N. (2024). Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Klampid New Generation Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Surabaya. Soetomo Administrasi Publik , 2(1), 149-164. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sap/article/view/8081
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>