Peran Tenaga Perpustakaan dalam Peminjaman dan Pengembalian Buku Pada Layanan Drive Thru di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur
Abstract
Teknologi informasi yang semakin berkembang, kini sangat berpengaruh terhadap seluruh kegiatan yang dilakukan baik oleh masyarakat maupun instansi. Percepatan teknologi digital ini juga berpengaruh terhadap kinerja instansi atau perusahaan. Salah satu layanan yang efektif dan efisien yakni layanan drive thru yang dilakukan di instansi perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran tenaga perpustakaan dalam peminjaman dan pengembalian buku di layanan drive thru, serta menganalisis faktor penghambat dan pendukung yang mempengaruhi kinerja tenaga perpustakaan pada layanan drive thru di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif, melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan drive thru di Dinas Perpustakaan berhasil memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi pelayanan perpustakaan. Faktor pendukung yang mempengaruhi kinerja tenaga perpustakaan melibatkan pelatihan pelayanan untuk meningkatkan kualitas layanan melalui aspek kepribadian, pelatihan IT, update wawasan pustakawan, dan pendidikan. Sedangkan faktor penghambatnya mencakup kompleksitas tugas pada pegawai, kurangnya fokus, kondisi lingkungan perpustakaan yang tidak optimal, dan keterbatasan SDM.