Kualitas Pelayanan Publik Pada Bus Trans Jatim

  • Della Ajeng Ayu Febriyanti Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Amirul Mustofa Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Zainal Fatah Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 588 , Full Text downloads: 742
Keywords: Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Transportasi Publik, Bus Trans Jatim

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kualitas layanan yang diberikan kepada masyarakat dalam konteks transportasi publik, khususnya layanan Bus Trans Jatim Koridor I Rute Gresik - Surabaya - Sidoarjo. Pendekatan yang diadopsi dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Fokus penelitian ini adalah memperoleh pemahaman tentang sejauh mana layanan transportasi Bus Trans Jatim mampu meningkatkan tingkat kepuasan masyarakat di wilayah Jawa Timur. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisa data dengan pendekatan deskriptif hasil penelitian dalam
reduksi data, serta melakukan penyajian data dan verifikasi. Terdapat 5 teori kualitas pelayanan publik dari (Parasuraman et al, 1998) yang mempunyai 5 (lima) elemen penting yaitu: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kehadiran transportasi Bus Trans Jatim Koridor I Rute Gresik - Surabaya - Sidoarjo sebagai layanan transportasi publik sudah membuat masyarakat antusias dalam beralih menggunakan layanan Bus Trans Jatim. Karena pelayanan Bus Trans Jatim Koridor I Rute Gresik - Surabaya - Sidoarjo mempunyai kualitas pelayanan yang sangat baik dan berkualitas. Karena pemerintah selaku pemberi layanan juga memperhatikan aspek-aspek, hak, dan kewajiban dalam memberi layanan, dapat dipertanggungjawabkan secara peraturan perundang-undangan, menerima kritik dan saran masyarakat, serta mudah diakses oleh semua masyarakat yang ingin menggunakan fasilitas transportasi publik yang disediakan.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Transportasi Publik, Bus Trans Jatim.

 
Published
2023-11-02
How to Cite
Febriyanti, D. A. A., Mustofa, A., & F, Z. (2023). Kualitas Pelayanan Publik Pada Bus Trans Jatim. Soetomo Administrasi Publik , 381 - 394. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sap/article/view/7240

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>