Sosialisasi Pelayanan Publik Penggunaan E-Wargaku Untuk Peningkatan Pengaduan dan Menampung Aspirasi Masyarakat di Kota Surabaya

  • Akbar Asqalami Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Amirul Mustofa Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Sri Roekminiati Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 243 , Full Text downloads: 153
Keywords: Sosialisasi, pelayanan public, pengaduan, aspirasi

Abstract

Perkembangan teknologi sudah sepantasnya diimplementasikan di semua bidang usaha supaya dapat mengikuti perkembangan zaman. Terlebih lagi dalam instansi pemerintahan, sebagaimana E-Government. Media Center Surabaya sudah mengimplementasikan dalam bentuk aplikasi Wargaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sosialisasi pelayanan publik penggunaan e-Wargaku untuk peningkatan pengaduan dan menampung aspirasi masyarakat di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif.  Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder dari wawancara dengan staff Media Centre, staff Kelurahan Lidah Wetan, Ketua RT setempat dan beberapa warga di daerah Lidah Wetan. Hasil dari penelitian ini adalah Sosialisasi pelayanan publik penggunaan e-Wargaku untuk peningkatan pengaduan dan menampung aspirasi masyarakat di Kota Surabaya dilakukan dengan dua tipe yakni tipe formal dan tipe informal. Sosialisasi formal telah dilakukan di tingkat pendidikan yakni melalui media sosial atau media online sehingga semua kalangan dapat tahu apa itu aplikasi E-Wargaku terutama bagi kalangan siswa dan mahasiswa. Selain itu, dilakukan sosialisasi offline dengan memanfaatkan media cetak dan brosur atau banner kepada masyarakat terutama oleh RT RW dan kalangan usia tua serta terdapat KIM yaitu Kelompok Informasi Masyarakat di tiap Kelurahan di mana KIM tersebut memberikan informasi terkait aplikasi E-Wargaku sehingga masyarakat tahu dan dapat menyebarkan ke masyarakat lain. Sedangkan sosialisasi informal ditunjukkan dengan adanya sosialisasi yang dilakukan oleh ketua RT dan RW setempat. Sosialisasi dilakukan dengan menjelaskan apa itu aplikasi E-Wargaku, manfaat dan cara penggunaan aplikasi E-Wargaku kepada masyarakat. Ketua RT dan RW tidak segan untuk memberikan gambaran aplikasi E-Wargaku dari telepon genggam yang dimiliki untuk mengajari masyarakat. Pihak pengembang dan pemerintah Kota Surabaya dapat menambah kolom kosong pada menu aplikasi E-Wargaku. Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat menuliskan jenis komplain sehingga semua komplain masyarakat dapat ditampung.

Kata Kunci: Sosialisasi, pelayanan public, pengaduan, aspirasi

 
Published
2023-11-02
How to Cite
Asqalami, A., Mustofa, A., & Roekminiati, S. (2023). Sosialisasi Pelayanan Publik Penggunaan E-Wargaku Untuk Peningkatan Pengaduan dan Menampung Aspirasi Masyarakat di Kota Surabaya. Soetomo Administrasi Publik , 363 - 370. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sap/article/view/7238

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>