Analisis Kualitas Pelayanan Rekam Medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ruteng Kabupaten Manggarai


Abstract
Pelayanan Rekam medis adalah sekumpulan catatan yang memiliki isi mengenai semua hal selama pelayanan, yaitu data diri pasien, rencana dan hasil pemeriksaan kesehatan, terapi yang diberikan, perawatan lain pada klien atau pasien yang diterima pada suatu sarana pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang Kualitas Pelayanan Rekam Medis di Rumah Sakit Umum (RSUD) Ruteng Kabupaten Manggarai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan memperoleh data dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan 5 dimensi pelayanan dari teori Servqual Parasuraman, Zeithaml, dan Berry yaitu Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa RSUD Ruteng sudah menerapkan 5 dimensi dalam pelayanan yaitu Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy. Namun jika ditinjau dari peralatan fasilitas di RSUD Ruteng, seperti komputer sebagai media untuk menginput data rekam medis pasien masih sangat kurang dengan jumlah yang ada di rumah sakit, serta kehandalan dari sistem pelayanan rekam medis di RSUD Ruteng dalam proses penginputan data pasien menggunakan komputer memakan waktu yang cukup lama sekitar ≤ 15 menit dan akan dikirim ≤ 5 menit ke Poli atau Klinik di RSUD Ruteng. Sedangkan untuk daya tanggap dapat dilihat dari informasi yang dijelaskan oleh pihak RSUD Ruteng dinilai dapat memberikan manfaat bagi keluarga pasien dan mudah dipahami, dan dalam bentuk jaminan pihak RSUD Ruteng menjamin berkas rekam medis pasien dengan baik, dan dalam memberikan empati pihak RSUD Ruteng bisa menjelaskan secara detail terkait prosedur atau mekanisme pelayanan yang sesuai kebutuhan/keluhan dari pasien maupun keluarga pasien.